Kerugian Akibat Banjir di Katingan Ditaksir Lebih Rp 600 Miliar

Kasongan, KP – Kerugian akibat bencana banjir di wilayah Kabupaten Katingan ditaksir lebih dari Rp 600 miliar.

Pasalnya, selain merusak infrastruktur jalan maupun jembatan, banjir juga merusak fasilitas pemerintah dan rumah penduduk.

“Kita berharap pemerintah daerah untuk segera menghitung berapa kerugian yang diakibatkan oleh banjir besar di wilayah Katingan ini,” sebut Rudi Hartono, anggota DPRD Kabupaten Katingan, Selasa, 21 September 2021.

Pemerintah Kabupaten Katingan diminta secepatnya menghitung kerugian itu.

“Karena kita berharap kepada pemerintah pusat agar bisa memberikan bantuan untuk memperbaiki infrastruktur, apakah itu jalan, jembatan, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan dan fasilitas lainnya,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 120

Selain itu, ujar politisi Partai Golkar ini ada juga rumh- rumah penduduk setelah banjir tidak bisa lagi ditempati. Hal ini juga harus menjadi perhitungan.

Rudi memerkirakan jika kerugian dampak banjir besar di wilayah Katingan paling sedikit Rp 600 miliar.

Ia menggambarkan misalnya jalan yang aspalnya terkelupas tergerus oleh banjir, selain di wilayah hulu, juga terjadi di bagian tengah dan hilir Katingan.

“Yang nemanya jalan bagaimanapun rusaknya masih tetap bisa dilewati, tapi orang yang lewat itu tidak nyaman, tentu banyak alat kendaraan yang bisa rusak,” tegasnya.

Akibat peralatan kendaraan rusak itu mengakibatkan biaya tinggi, yang kemudian mendorong biaya angkutan lebih mahal.

“Akibatnya penjualan barang-barang keperluan masyarakat sehari-hari itu menjadi naik, dan jalan rusak itu juga membahayakan bagi para pengendara,” imbuh Rudi Hartono. (isn/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya