Pandangan Umum Tiga Raperda, DPRD HSS Dukung Perubahan APBD 2021

Kandanagan, KP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyampakan pandangan umum, terhadap tiga buah rancangan peraturan daerah (Raperda), Rabu (1/9/2021) dalam rapat paripurna di Gedung DPRD setempat.

Ketiga Raperda yang diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS itu, tentang perubahan APBD 2021, pembentukan Perusahaan Perseroan daerah (Perseroda) Tirta Amandit, dan dana cadangan pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Rodi Maulidi, dan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS Muhammad Noor. Pada intinya, seluruh fraksi mendukung ketiga Raperda tersebut.

Fraksi Golkar, melalui Suniansyah mengapresiasi dan mendukung ketiga Raperda itu, untuk dilanjutkan ke tahap pembahasan selanjutnya.

Fraksi PKS, melalui Iwan Setiawan mengapresiasi kenaikan target pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 15,85 persen pada Raperda perubahan APBD 2021, yang dipengaruhi kenaikan pendapatan BLUD.

“Kami memberi apresiasi kepada RSUD Brigjend H Hasan Basry dan RS Daha Sejahtera yang telah menunjukkan kinerjanya, dengan harapan agar bisa lebih ditingkatkan lagi,” tutur Iwan.

Berita Lainnya
1 dari 570

Fraksi Gerindra-PAN yang dibacakan Ryan Darmawan, siap mendorong agar meningkatkan pencapaian pendapatan daerah. Perhatian khusus terhadap standar penyusunan dan pelayanan, untuk kepentingan masyarakat.

Fraksi Nasdem, yang disampaikan Husnan mendukung Raperda perubahan APBD 2021. Tetapi Fraksi Nasdem memberi catatan, perlu dilakukan penataan prioritas program yang benar-benar mendesak untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini.

Fraksi Nasdem juga menyambut baik Raperda pembentukan Perseroda Tirta Amandit, yang diharapkan kinerja perusahaan akan meningkat dan profesional dalam mengelola dan memnuhi kebutuhan air bersih dan sehat.

“Serta dalam menjalankan usaha, harus tetap mengedepankan kepentingan masyarakat luas, di samping untuk menambah pendapatand daerah,” harap Husnan.

Fraksi PDIP, Lutfiajadi mendukung upaya pemerintah melalui Raperda Perseroda Tirta Amandit. Ia berharap, Pemkab HSS benar-benar memastikan adanya keberlanjutan, pengembangan dan pembangunan potensi ekonomi di daerah terutama berkaitan dengan kepentingan umum.

Fraksi PKB dengan juru bicara M Yurni mengatakan, pihaknya mendukung pembentukan Perseroda Tirta Amandit, karena sangat penting untuk kemajuan dan merupakan sarana dalam menggali potensi di daerah untuk lebih dikembangkan.

Seluruh fraksi juga mendukung Raperda tentang dana cadangan untuk pemilihan kepala daerah tahun 2024, untuk dilakukan ke pembahasan selanjutnya. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya