Ratmi Noryanti Wakili Tapin Lomba Kader Posyando Tingkat Prov Kalsel

Rantau, KP – Penilaian Lomba Kader Posyandu Berprestasi adaptasi kebiasan baru tingkat Provinsi Kalimantan Selatan secara virtual melalui aplikasi zoom metting digelar, senin (13/9/2021) bertempat Aula Sekretariat PKK Kabupaten Tapin.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapin menampilkan Ratmi Noryanti Kader Posyandu Desa Pulau Pinang Utara Kecamatan Binuang, Wakil Kabupaten Tapin mengikuti lomba Posyandu berprestasi Adaptasi Kebiasaan Baru tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Kader Posyandu Tapin Ratmi Noryanti memaparkan kegiatannya selama menjadi kader posyandi di desanya secara virtual. Terungkap ada 3 (tiga) inovasi dalam pelayanan Posyandu di desanya secara online masing-masing pertama secara darling, kedua Pasaba Online dan Pasabu Online. Semuanya berhubungan dengan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, ibu  memiliki bayi dan balita.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tapin H Rahmadi mengatakan, pertemuan ini dalam rangka mengikuti penilaian kader posyandu berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kabupaten Tapin menempatkan Ratmi Noryanti Kader Posyandu Desa Pulau Pinang Utara Kecamatan Binuang mengikuti lomba kader posyandu berprestasi tingkat Prov Kalsel, “katanya.

Mudah-mudahan apa yang disampaikan kader posyandu kita, menjadi terbaik dihadapan tim penilai Provinsi Kalsel.

Namun kata Rahmadi tidak hanya mengikuti lomba ini saja, tetapi kader posyandu kita bisa secara terus menerus membantu masyarakat desa dalam hal kesehatan masyarakat desa dan masyarakat pada umumnya dan juga sebagai upaya pencegahan stunting.

Berita Lainnya

Pengelolaan SPAN Lapor Tapin terbaik

1 dari 286

Berharap posyandu ini, menjadi fokos perhatian pemerintah desa dalam rangka pelayanan kesehatan masyarakat desa menjadi lebih baik apalagi dimasa suasana pandemic covid 19. Tentunya bidang kesehatan sangat penting agar dalam keluarga bisa menjadi sehat.

Sementara Kader Posyandu Ratmi Noryanti Inovasi menyampaikan bahwa dalam memberikan pelayanan posyandu desa dengan menerapkan secara online, yakni ada tiga inovasi yang dibuat pertama secara Darling Online yaitu kader keliling,  dimana para kader mendatangi bayi dan balita yang tidak bisa datang ke posyandu dan tidak memiliki alat timbang di rumah.

 “Jadi bagi ibu mempunyai bayi dan balita yang tidak bisa datang bisa menyampaikan melalui online posyandu, kemudian kader mencatat dan mendatanya, “ terangnya

Kedua Pasaba online yaitu kader sayang bayi dan balita online, disini para ibu memiliki bayi dan balita tidak sempat datang bisa menimbang dan mengukur sendiri secara mandiri dan melaporkan hasilnya dan kader dan mencatatnya.

Ketiga inovasi Pasabu Online yaitu kader sayang ibu hamil dan ibu nipas disini kader memantau dan menyarakan kepada ibu hamil untuk selalu memeriksakan kehamilannya, kepada tenaga kesehatan setempat dengan janji temu, dan juga melaporkan kepada kader dan ibu bidan terkait paska persalinan.

Mudahan-mudahan dengan tiga inovasi yang kami buat tersebut dapat menjadikan terbaik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat khusus pada orang tua memilili bayi dan balita dan ibu nipas paska melakukan persalinan.

Turut hadir dalam penilaian, Camat Binuang, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan KB dan dan Pengurus PKK Kabupaten Tapin dan PKK Kecamatan Binuang. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya