RB dan SAKIP Tapin Dievaluasi Menpan RB RI

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin paparkan Repormasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Tahun 2021 di Hadapan Kementrian Pendayagunan Aparatur Negara Repormasi Birokrasi Republik Indonesia secara Virtual Zoom Metting, Jumat (3/9/2021) kemarin siang. Bertempat Aula Kantor Sekretariat Daerah Kawasan Rantau Baru.

Pemaparan RB dan SAKIP Pemerintah Kabupaten Tapin langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan dengan di dampingi Sekretaris Daerah H Masyraniansyah, para Asisten, Staf Ahli dan Kepala SOPD Lingkungan Pemerintah Kab Tapin.

Dalam pertemuan secara virtual itu Tim Evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP Kemenpan RR RI mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Tapin yang telah berusaha keras, semua proses dapat dilalui dan tepat waktu.

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan mengatakan, pertemuan ini dalam rangka kita menyampaikan pertanggujawaban kinierja Pemerintah Daerah Kab Tapin berkaiatn dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) dan Repormasi Birokrasi (RB) kepada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi RI secara virtual melalui aplikasi zoom meting.

“KemenPANRB RI mengevaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) dan Repormasi Birokrasi (RB) yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tapin. Sudah sampai sejauh mana dilakukan apakah dapat dipertanggungjawabkan, diolah dan ditindklanjuti dalam sebuah kegiatan,” jelas Bupati usai mengikuti rapat.

Mudhaan apa yang telah disampaikan sudah masuk poin penilaian, apa yang menjadi dari ketentuan Pemerinath pusat.

“Pemerintah Kabupaten Tapin optimis nilai sakip alami kenaikan setelah sebelumnya B menjadi BB,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 283

Dikatakannya Bupati Dua Periode ini Arifin, dikarenakan selama pandemi berbagai satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Tapin terus melakukan inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam birokrasi.

“Ada kemudahan dalam pelayanan dokumen kependudukan secara online dan berkas diantar melalui pos dan lain-lain,” jelasnya.

Untuk diketahui bahwa data sementara, nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang di input Pemerintah Kabupaten Tapin ke Kemenpan RB, hasilnya mencapai 79,76 persen.

Dengan hasil sementara itu, sudah memuaskan, untuk kategori predikatnya sudah masuk kategori BB.

Sebaliknya kata Bupati Pemerintah Kabupaten Tapin Sumber Daya Manusia kita rara rata masih rendah, tidak semua Pimpinan SOPD punya kemampuan untuk memhuat dalam sebuah kegiatan di satuannya masing masing terutama membuat kegiatan mengolahnya, melaksanakannya, melaporkan sampai mempertamggungjawabkannya.

Namun dirinya selaku pimpinan daerah terus mendorong para Pimpinan SOPD beserta jajaran untuk dapat berbuat baik di masing-masing satuan kerjanya, dengan hal itu tentunya pretasi akan di raih dengan baik pula.

“Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan dapat menghasilakan poin yang dapat memuaskan,” pungkasnya. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya