Banjir di Desa Lasung, Tiga Jembatan Darurat Harus Selesai Secepatnya

Batulicin, KP – Banjir di RT 1 dan 2 Desa Lasung kecamatan Kusan hulu Kabupaten Tanah Bumbu telah merusak tanggul dan ruas jalan serta merendam ratusan rumah warga di kecamatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H.Ambo Sakka, saat meninjau Banjir bersama Kepala disnas BPBD dan Sosial5/9.2021 minggu mengatakan, terkait dengan banjir di desa Lasung pertama, yang perlu di tanggulangi hari ini adalah pembuatan tiga jembatan darurat di lokasi banjir dan dipastikan tidak ada lagi warga yang terisolir.

“Langkah pertama kita buatkan jembatan darurat dahulu dan besok selesai”, ujar Sekda. Yang kedua kami meminta Camat dan Kepala Desa mendata warga yang terdampak, untuk diberikan bantuan  sembako dan air minum. Yang ke tiga Dinas PUPR kami minta membuat analisa jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang penaganan banjir. Dan yang ke empat, sesuai arahan pak bupati ada dua kegitan terkait penagnanan banjir ini. Pertama, rumah rumah yang ada di sekitar bantaran sungai akan ditinggikan tiang nya, kedua warga terdampak akan direlokasi.

juga rencana akan direlokasi lagi 22 buah rumah”, tambah Sekda, seraya melanjut kalau ini sudah berjalam dengan baik, insya allah penaganan banjir didesa lasung bisa diatasi”, kata Sekda. Menyinggung pemberian bantaum yang tidak merata sekda menyebutkan, kami sudah rapatkan supaya Kepala Desa dan camat mendata ulang untuk ditindak lanjuti.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah sangat welcome kepada unsur golongan, kelompok, perorangan, perusahaan yang memberikan bantuan, tapi dengan harapan bantuan itu dibagikan secara adil, oleh karena itu sekda meminta  supaya dikoordinir, agar supaya warga  yang terdampak bencana dipastikan mendapat bantuan, dan itu tugas pemerintah daerah yang harus dilaksanakan”, tambahnya. 

Berita Lainnya
1 dari 548

Terkait ada nya miskomunikasi informasi dilapangan sekda menyebutkan, besok pihaknya akan rapat dengan Pak Bupati bersama SKPD. Sekda juga menyampaikan, kita harus patuh dengan nawacita Priseden Joko W, bahwa pemerintah itu ada dimasyarakat, apalagi ada kondisi seperti sekarang ini bencana banjir, pemerintah harus berada digarda terdepan sehingga tidak satupun yang tidak tau, seharusnya dia yang lebih dulu tau bahwa ada permasalah banjir dilasung”, ujar Sekda. Sebab itu atas nama pemda harus kita tindak lanjuti, karena ini menyangkut hidup orang banyak”, pungkasnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas PUPR Tanbu Subahansyah mengatakan, terkait banjir di Desa Lasung, pertama tama dia menyamapaikan ikut prihatis atas bemcana banjir ini. Kami akan segera melakukan penagulangan.

“Yang cepat dulu kami akan melaksanakan, pengukuran titik titik ruas jalan yang rusak berikut untuk dipasang tanggul sementara”, ujar Subahan. Dia juga menyampaikan bahwa PUPR sudah punya perencnaan detail untuk menormalisasi sungai kusan hulu ini.

“Untuk jangka pendek kita lakukan pembuatan tangul agar akses masyarakat Desa Lasung dan Desa Satiung tidak tergangu,” tandas Subahan. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya