Sambut Hari Kesatuan Gerak PKK dengan Berbagai Lomba

Kotabaru, KP – Menyambut Hari Kesatuan Gerak PKK 2021, sebanyak 20 TP PKK Kecamatan se Kotabaru berpartisipasi dalam berbagai lomba yang digelar.

Adapun Lomba yang digelar di gedung Serbaguna milik Pemkab Kotabaru, Paris barantai, diantaranya, Lomba Masak serba ikan dan Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), serta Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), dihadiri Asisten Perekonomian dan pembangunan Setda Kotabaru, Ketua TP. PKK Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar, Plt. Kepala Dinas Perikanan , Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ketua DWP, Camat dan Anggota TP. PKK Kotabaru.

Rasidah selaku Ketua Pokja 3 TP PKK Kotabaru, menyatakan, “Penilaian lomba dilakukan dari beberapa segi, seperti, cara penyajian, kreasi pengolahan, citarasa, gizi yang terkandung dalam masakan dan lainnya.

Tim penilai kita hadirkan dari beberapa instansi, yaitu Dinas kesehatan, Dinas ketahanan pangan, Dinas perikanan, chef restoran, dari TP PKK Kotabaru, dan chef Agus sasirangan,” terang Rasidah.

Berita Lainnya

Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Electronik

Kotabaru Bangga Dapat Penghargaan Dari Kemenkeu RI

1 dari 221

Rasidah juga menuturkan bahwa, pelaksanaan lomba rutin tersebut rutin dilaksanakan tiap tahunnya, dan dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG).

Sedangkan dalam sambutan Ketua TP PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana mengatakan, “Terlaksananya kegiatan ini dengan niat untuk memajukan kesejahteraan masyarakat kabupaten kotabaru melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi, dan perubahan budaya konsumsi pangan ke arah yang ideal seperti dalam konsep B2SA kepada masyarakat. Untuk meningkatkan konsumsi ikan dan perubahan konsumsi pangan berbasis lokal di masyarakat, tentunya haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan dan perubahan pangan lokal di keluarga. Dan untuk meningkatkan konsumsi ikan dan olahan berbasis bahan lokal, maka membudayakan makan ikan dan makan dengan berbahan lokal dikalangan generasi muda adalah satu keharusan “. Ujar Hj. Fatma kemudian menambahkan.

“Melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) dan festival pangan desa diharapkan tumbuh kesadaran baik individu maupun semua lapisan masyarakat untuk gemar makan ikan dan makan dengan olahan berbasis bahan lokal. Selain itu, dengan dilaksanakannya lomba UP2K yang di ikuti oleh seluruh tim penggerak PKK kecamatan se-kabupaten kotabaru, diharapkan dapat melahirkan inovasi – inovasi baru bagi produk unggulan kotabaru baik dalam kerajinan maupun produk makanan dan minuman yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pendapatan keluarga bagi kelompok UP2K yang dibina oleh PKK.

Saya mengharapkan agar produk-produk ini dapat terus dibina dan ditingkatkan mutunya sehingga dapat bersaing di pasaran,” tandasnya. (and/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya