Shalat Hajat Jelang Harjad Banjarmasin ke 495


Rangkaian sholat Hajad 495 berdoa supaya Covid ini segera berakhir, kemudian supaya roda pemerintahan berjalan dengan lancar.

Berita Lainnya
1 dari 3.686


BANJARMASIN, KP – Menjelang peringatan Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke 495 di tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar kegiatan salat hajat, Kamis (23/09).
Kegiatan di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin itu, selain diikuti Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Harry Wijaya, Plh Sekda Kota Banjarmasin, Sugito Said dan para pejabat lingkup Pemko Banjarmasin, juga menghadirkan ulama Habib Ali Khaidir Al-Kaff sebagai penceramah.
“Alhamdulillah malam ini kita menjalankan salah satu rangkaian peringatan Harjad ke 495 Banjarmasin yang sebelumnya julai dilaksanakan besok hari, Tapi malam ini kita menggelar salat hajat,” ucapnya saat ditemui awak media di lobi Balai Kota, Kamis (23/09) malam.
Syukuran serta berdoa bersama yang dipimpin oleh Habib Ali Khaidir Al-Kaff beserta MUI Kota Banjarmasin, alim ulama, dan seluruh Forkopimda Kota Banjarmasin ini tidak lain adalah untuk kemaslahatan dan kelancaran pembangunan kota.
“Pada intinya kita berdoa supaya Covid ini segera berakhir. Kemudian supaya roda pemerintahan di banjarmasin berjalan dengan lancar,” ungkapnya.
“Semoga ini bentuk dari kesyukuran kita di usia 495 tahun kota banjarmasin. Walaupun diperingati dalam suasana keprihatinan lantaran masih berstatus PPKM Level IV,” lanjutnya.
Disamping itu Ibnu juga meminta agar warga tidak berlebihan dalam memperingati momen ini. Karena dari Pemko sendiri memang tidak ada menggelar kegiatan masyarakat yang sifatnya hura-hura.
“Kita merayakan hari jadi ini lebih ke arah gotong royong di masyarakat, Insyaa Allah Sabtu puncak harjad ini digelar dengan bentuk gerakan BALINGAI atau Banjarmasin Peduli Sungai. Itu merupakan puncak aksi bersih-bersih kita,” jelasnya.
Menurutnya, kegiatan tersebut dipusatkan di Sungai Veteran. Upaya normalisasi tersebut rupanya direspon positif oleh warga setempat.
“Warga juga sudah berkomunikasi dan datang ke rumah dinas untuk menyampaikan rasa terima kasih mereka terhadap keseriusan pemko banjarmasin,” imbuhnya.
Tidak hanya sampai itu, warga yang datang ke kediaman Wali Kota tersebut rupanya juga menyampaikan tekad mereka untuk menjaga sungai yang diwujudkan dalam bentuk Komunitas Peduli Sungai Veteran yang isinya warga setempat, pengusaha yang sepakat untuk menjaga sungai.
“Karena Sungai Veteran merupakan saluran air yang pesannya sangat vital. Terlihat pada bencana banjir yang terjadi di awal tahun kemarin. Kalau kita bisa sukses menormalisasinya, ini akan sangat berdampak untuk pengendalian banjir di Banjarmasin,” imbuhnya.
Selain itu, Pemko melalui Dinas PUPR juga akan menjalankan proyek pengerjaan pengerukan dan pembenahan jembatan bangunan gedung (jbg) untuk kawasan Sungai A Yani.
“Insyaa allah akan dimulai pada oktober nanti,” pungkasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya