Tenaga PKP Ikuti Diklat

FOTO BERSAMA. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Tenaga Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP)Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti diklat dalam rangka komitmen pemenuhan sertifikat bagi PKP.

Dengan adanya sertifikat bagi Tenaha penyuluh PKP tersebut diharapkan dapat mempercepat peningkatan penanaman modal dalam melakukan kegiatan usaha di bidang pangan.

Kegiatan yang diikuti oleh tenaga PKP tersebut beberapa waktu lalu selama tiga hari di Hotel Minosa Resort Amuntai.

Plt Kepala Dinkes HSU H Danu Fran Fotohena mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka percepatan dan peningkatan penanaman modal dan berusaha, jadi perlu dilakukan penataan kembali sistem pelayanan perizinan salah satunya Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)

“Jadi pelaku usaha mendapatkan sertifikat jika dinyatakan lulus dalam penyuluhan keamanan pangan,” ungkapnya.

Menurutnya pemenuhan pangan yang aman dan bermutu merupakan hak asasi setiap manusia, tidak terkecuali pangan yang dihasilkan oleh IndustriRumah Tangga Pangan (IRTP). Produksi dan peredaran pangan oleh IRTP.

Berita Lainnya

Anggota Pramuka HSU Ikuti Jota dan Joti

1 dari 397

Sebelumnya dalam Penyelenggaraan Penyuluhan Keamanan Pangan dilaksanakan oleh Tenaga PKP yaitu Tenaga Kesehatan yang ditugaskan oleh Bupati/Walikota, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan memiliki Sertifikat Penyuluh Keamanan Pangan.

Sementara itu Tenaga Penyuluhan Keamanan Pangan yaitu Tenaga Kesehatan yang ditugaskan oleh Bupati/Walikota atau Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang memiliki Sertifikat Penyuluh Keamanan Pangan, lanjutnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk menjamin produk pangan IRTP yang akan beredar aman bermutu dan bergizi, maka diperlukan tenaga PKP yang handal dalam memberikan pemahaman terkait Keamanan Pangan kepada pelaku usaha sehingga pemenuhan komitmen sertifikat penyuluhan keamanan pangan dapat terpenuhi.

Menurutnya, selama ini penyelenggaraan penyuluhan keamanan pangan belum optimal dikarenakan kurangnya tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi sebagai penyuluh keamanan pangan.

Oleh karena itu dalam rangka penguatan kapasitas tenaga PKP, perlu diselenggarakannya Diklat / Pelatihan PKP Industri Rumah Tangga Pangan bagi Tenaga Kesehatan di Wilayah Kerjanya.

Danu berharap adanya pelatihan ini, mampu mencetak tenaga PKP yang handal, mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi penyelenggaraan penyuluhan keamanan pangan di wilayah kerjanya. (nov/k-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya