Tapin Resmi Miliki Gedung Perpustakaan Megah

Rantau, KP – Bupati Tapin HM Arifin Arpan meresmikan gedung Perpustakaan Umum Baru Kabupaten Tapin bertempat di Kawasan Rantau Baru. Rabu (10/9/2021) kemarin siang.

Turut hadir dalam peresmian Sekretaris Daerah Tapin H Masyraniansyah, Ketua Tim Penggerak PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah H Zainal Abidin dan sejumlah Kepala SOPD Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin.

Peresmian ditandai dengan menandatangani prasasti dan sekaligus pemotongan pita di depan pintu masuk Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Tapin lantai 2 (dua) oleh Bupati Tapin kemudian langsung membuat kartu member anggota perpustakaan secara otomatis menggunakan tegnologi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin H Zainal Abidin melaporkan gedung perpustakaan dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 dengan nilai kontrak sebesar Rp9.789.912.000.

“Gedung Perpustakaan Umum Kabupaten Tapin dibangun dilahan seluas 828 Meter Persegi dengan bangunan 3 (tiga) tingkat, lantai 1 (satu) dan lantai 2 (dua) untuk layanan perpustakaan, yang dilengkapi dengan ruang baca qutdoor, sedangkan lantai 3 (tiga) untuk perkantoran dan setiap lantai dilengkapi dengan toilet,“ ujarnya.

Perpustakaan ini nantinya akan memberikan layanan berbasis tegnologi informasi dan komunikasi (otomatis perpustakaan) yang akan memberikan kemudahan dalam penelusuran bahan Pustaka.

“Berharap semoga dengan layanan tegnologi ini akan menjadi daya Tarik bagi pemustaka dan masyarakat Tapin berkunjung ke perpustakaan, “ harapnya.

Berita Lainnya
1 dari 283

Kedepan nantinya layanan perpustakaan dapat melebihi layanan swasta dalam hal kecepatan dan keamahan, Insha Allah kami akan buka dari senin sampai minggu.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan sebelum meresmikan berharap gedung baru perpustakaan bisa dimanfatakan dengan sebaik-baiknya dan kunjungan keperpustakaan lebih banyak dan meningkat.

“Terpeting telah resmi difungsikan, perlu dijaga gedungnya dan dipelihara dengan sebaik-baiknya,“ pinta Bupati.

Kedepan untuk menambah pengunjung ke perpustakaan bisa pihak Perpustakaan bisa membuat program Kerjasama dengan Dinas Pendidikan dalam hal ini sekolah-sekolah yang ada di Kab Tapin supaya kunjungan kepustakaan lebih banyak dan meningkat.

Ditambahkan Bupati juga sekitar lingkungan gedung perpustakaan dibuat lebih banyak lagi tanamam pohon penghijauan, sehingga pengunjung merasa nyaman tidak hanya membaca di dalam gedung tetapi juga diluar halaman gedung dan menikmati kuliner yang ada disamping gedung yang akan segera dibuka dikelola dinas Pariwisata Kab Tapin.

“Buat sekitar lingkungan gedung menjadi hijau, sehingga dapat dijadikan tempat pokok membaca,“ tambah Bupati.

Perpustakaan ini menjadi menarik karena lokasinya sangat strategis, menggabungkan dengan pusat kuliner dan pusat kegiatan masyarakat lainnya dan jadi bagian integral dari pengembangan Kawasan edukatif ekowisata Kabupaten.

Usai meresmikan, Bupati Tapin dan Ketua Tim Penggerak PKK Tapin serta Sekretaris Daerah meninjau ruang-ruang gedung perpusakaan dilantai dua dan lantai dasar. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya