Tiga Kabupaten-Kota Kalsel Masih Menerapkan PPKM Level IV

Banjarbaru, KP – Senin (6/9/2021) menjadi hari terakhir penerapan PPKM Level 4 di Kota Banjarbaru. Saat ini Pemerintah pusat telah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 untuk sejumlah kota di Indonesia di luar Jawa dan Bali, 7 sampai 20 September 2021.

Dari sejumlah kota yang diputuskan untuk dilanjutkan PPKM tiga di antaranya ada di Kalimantan Selatan yakni Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, dan Kotabaru.

Pengumuman ini disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Senin (6/9/2021) malam adapun wilayah yang berada di Level 4 kembali mengalami penurunan yaitu dari 34 kabupaten (kab)/kota menjadi 23 kab/kota. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Keterangan Pers mengenai Perkembangan PPKM Terkini, Senin (6/9/2021) malam.

“Di luar Jawa-Bali dilakukan perpanjangan ke PPKM, yaitu PPKM Level 4 diterapkan di 23 kabupaten/kota, yang sebelumnya adalah di 34 kabupaten/kota,” ujar Airlangga.

Adapun rincian daerah yang menerapkan PPKM Level 4 tersebut adalah Kota Banda Aceh, Aceh Tamiang, dan Aceh Besar di Aceh; Kota Medan, Kota Sibolga, dan Mandailing Natal di Sumatra Utara; Kota Padang di Sumatra Barat; Kota Jambi di Jambi; serta Bangka di Kep. Bangka Belitung. Kemudian Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, dan Kotabaru di Kalimantan Selatan; Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah; Kota Balikpapan, Kutai Kartanegara, dan Mahakam Ulu di Kalimantan Timur; Kota Tarakan di Kalimantan Utara; Kota Makassar di Sulawesi Selatan; Kota Palu dan Poso di Sulawesi Tengah; Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara; Kupang di Nusa Tenggara Timur; serta Manokwari di Papua Barat. “Untuk PPKM Level 3 diterapkan di 314 kabupaten/kota, ini naik dari sebelumnya di 303 kabupaten/kota. PPKM Level 2 diterapkan pada 49 kabupaten/kota, ini sama dengan yang sebelumnya,” terangnya.

Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin menyebutkan saat ini kasus aktif Covid-19 sudah mengalami penurunan sekitar 40% saja. Begitu juga dengan angka sekitar 430 kasus dibanding dengan beberapa minggu yang lalu kasus aktif di Banjarbaru sendiri hampir menyentuh angka 1500-1600.

“Upaya penekanan kasus Covid-19 terus kita lakukan.”

Informasi terbaru dari Satgas Covid-19 Sebanyak 5 Kasus, Berasal dari Sungai Ulin (1), Guntung Paikat (1), Sungai Besar (1), Landasan Ulin Timur (1), Guntung Manggis (1)

Penambahan Pasien Sembuh Sebanyak 104 Kasus, Berasal dari Loktabat Utara (12), Komet (5), Mentaos (2), Sungai Ulin (13), Loktabat Selatan (5), Kemuning (1), Guntung Paikat (3), Sungai Besar (15), Cempaka (4), Landasan Ulin Timur (7), Syamsudin Noor (9), Guntung Manggis (15), Landasan Ulin Barat (2), Landasan Ulin Selatan (1), Landasan Ulin Utara (7), Landasan Ulin Tengah (2), Luar Wilayah (Transito) (1)

Dan untuk Pasien Meninggal Sebanyak 2 Kasus, Berasal dari Sungai Ulin (1), Guntung Manggis (1). (Dev/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya