FKIP ULM Menggelar Workshop Strategi Penulisan Pengabdian Kepada Mayarakat

Banjarmasin,KP – Untuk memberikan peningkatan kualitas pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi para Dosen Pengajar di Bidang Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikikan (FKIP) menggelar Workshop Strategi Penulisan Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah RISTEK/BRIN.

Publikasi ilmiah tersebut tentunya juga akan memberikan manfaat baik bagi penulis itu sendiri, misalnya sebagai salah satu syarat ketika akan berkecimpung dalam bidang akademis, maupun bagi pembaca yang memperoleh pengetahuan baru dari hasil penelitian atau ulasan (review).

Dalam Workshop, Sulistyawati, S.Si., MPH., PhD mengatakan dimana dalam workshop tersebut bertujuan untuk melatih peneliti berpikir kritis, komprehensif, dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan baru. Penulisan karya ilmiah adalah menyertakan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoritis maupun praktis. 

“Dalam proses pembuatan karya ilmiah, untuk bisa mencapai tujuan penulisan karya ilmiah ada tiga unsur penting yang harus dijadikan pegangan. Karya ilmiah adalah konsep penelitian yang memuat data, fakta, dan kebaruan ilmu,”katanya.

Berita Lainnya
1 dari 3.729

Ditambahkanya pula, dalam penuisan karya ilmiah yang bisa menyempurnakan tujuan penulisan karya ilmiah harus diperhatikan juga. Prosesnya harus dilakukan secara logis, objektif, sistematis, andal, dengan desain, dan akumulatif. Untuk bisa lebih memahami tujuan penulisan karya ilmiah.

“Adapun kata kunci yang dimiliki yakni niat, semangat, ide, update, buku panduan serta berdoa,”katanya.

Ditambahkan Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP ULM Dr. Ali Rachman, M.Pd mengatakan, dengan Publikasi ilmiah tersebut bertujuan mencapai tingkat obyektivitas yang tinggi. Disamping itu memperoleh masukan untuk lebih baik dalam membuat tulisan ilmiah, memiliki jaringan yang lebih luas serta Ikut andil dalam menuntaskan suatu permasalahan.

“Oleh sebab itu, apabila tulisan kita dibaca banyak orang, itu tentunya akan mendatangkan keuntungan tersendiri entah dari segi bisnis, finansial dan lain-lain, sehingga jangan bosan untuk selalu berupaya memproduksi karya ilmiah terbaik supaya bermanfaat bagi sesama,”pungkasnya.

Dalam workshop yang digelar disalah satu hotel di banjarmasin sebanyak 56 Dosen pengajar ambil bagian dengan sebagian melalui Zoom. (Fin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya