Kampung Haruan’ Diharap Penuhi Stok Lauk Ketupat Kandangan

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) meresmikan pencanangan “Kampung Haruan”, Rabu (13/10/2021) di Desa Asam, Kecamatan Sungai Raya.

Pencanangan Kampung Haruan tersebut, selaras dengan salah satu program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yang melalui Balai Perikanan Budi Daya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin, melakukan pembinaan dan membantu sebanyak 30 ribu ekor benih ikan gabus atau haruan.

Ikan haruan, merupakan salah satu ikan yang hidup di air tawar, yang cukup digemari masyarakat di Kalimantan Selatan sebagai lauk. Bahkan, dijadikan sebagai lauk khas dari kuliner khas ketupat Kandangan, Kabupaten HSS.

Sebab saat ini ketersediaan ikan haruan terbatas, terkadang pedagang ketupat mengganti dengan ikan toman. Sehingga, adanya Kampung Haruan diharapkan dapat menambah ketersediaan ikan tersebut terutama bagi pedagang ketupat.

“Setelah ada kampung haruan, tidak ada lagi nanti ketupat dengan lauk ikan toman,” harap Bupati HSS Achmad Fikry.

Berita Lainnya
1 dari 595

Sehingga pesannya, hasil budidaya masyarakat itu dipasarkan pertama untuk wilayah HSS terutama pedagang ketupat Kandangan, meski ada pesanan dari daerah lain.

Ia menjelaskan, hal itu juga merupakan harapan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, yang sering berkunjung ke Kabupaten HSS dan berkesempatan menyantap kuliner ketupat Kandangan.

Bupati Achmad Fikry mengaku senang, gembira dan bangga atas pencangangan Kampung Haruan yang merupakan pertama di Indonesia. Sebab, ikan haruan salah satu komoditas yang dapat mempengaruhi inflasi.

Bupat Fikry menuturkan, program itu perlu komitmen bersama agar terus berjalan dengan baik. Sehingga pihaknya akan segera membuat rencana induk, agar kejelasan arah pembinaan.

“Tentu program ini kita sambut dengan baik, dan kita bersyukur kemampuan sumber daya anggota Pokdakan sudah luar biasa, sudah bisa membedakan mana jantan betina,” ujar Achmad Fikry.

Pada pencanangan itu, dilakukan penandatangan komitmen bersama, pengembangan kawaasan “Kampung Haruan” oleh Bupati Achmad Fikry, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Ketua Komisi II DPRD Kartoyo, Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin Andi Artha Donny Oktopura, Kepala SOPD terkait, Camat Sungai Raya Mawardi, dan Kades Asam M As’ari Zain. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya