Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Progres Pusat Daur Ulang DLH Sudah Capai 70%

×

Progres Pusat Daur Ulang DLH Sudah Capai 70%

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin tengah membangun pusat daur ulang sampah di kawasan Jalan Banua Anyar, Banjarmasin Utara.

Pembangunan Pusat Daur Ulang yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) ini rupanya sudah mulai dikerjakan sejak Juli 2021 lalu, dan hingga sampai saat ini sudah memasuki 70 persen rampung.

Hal itu diketahui saat awak media menemui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Mukhyar di Balai Kota belum lama tadi.

“Saat ini proses pembangunan sedang jalan. Untuk dananya itu menggunakan DAK, dan saat ini tinggal proses penyelesaiannya,” ucapnya.

Ia membeberkan, kontrak pembangunan gedung yang bakal jadi lokasi untuk mendaur ulang sampah, baik organik maupun non-organik itu berakhir pada Desember 2021 mendatang.

“Untuk saat ini sudah rampung sekitar 70 persen,” tambahnya.

Setelah rampung di Desember nanti, Mukhyar menjelaskan bahwa Pusat Daur Ulang tersebut akan langsung diresmikan dan beroperasi.

“Jadi tahun 2022 nanti itu sudah bisa kita operasikan,” bebernya.

Benar saja, saat awak media mencoba bertandang ke lokasi pembangunan Pusat Daur Ulang yang berada di kawasan Kelurahan Benua Anyar itu, terlihat bangunan utama pun tampak berdiri kokoh di atas tanah.

Tampak para pekerja tengah sibuk mengerjakan tugasnya masing-masing dalam menyelesaikan proyek yang memakan anggaran sebesar Rp 2 Miliar lebih tersebut.

Pengawas pengerjaan Pusat Daur Ulang, Eric menyampaikan bahwa pengerjaan bangunan yang mereka lakukan sudah berjalan dengan lancar.

Kendati demikian, Eric mengakui dalam prosesnya ada beberapa kendala kecil yang sedikit menghambat.

“Kalau kendala itu pasti ada, tapi tidak terlalu. Seperti masalah cuaca dan keterlambatan datangnya material,” ucapnya.

Alasan keterlambatan tersebut menurutnya karena akses jalan menuju pusat daur ulang ini terbilang cukup kecil dan kurang representatif.

Baca Juga:  Lampaui Target, Bea Cukai Kalbagsel Setor 127,61% di Penerimaan 2020

Disamping itu, Eric menegaskan bahwa sesuai dengan kontrak yang sudah disetujui, pihaknya akan menyelesaikan pembangunan fisik Pusat Daur Ulang, pada Desember mendatang.

“Untuk target hingga bulan Desember nanti saya tidak berani bilang pasti. Tapi sampai sekarang sesuai target pengerjaan yang kami buat, per minggu maupun per bulannya, selalu mencapai target,” pungkasnya. (Zak/K-3)

Iklan
Iklan