Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Ribuan Mahasiswa Antusias Ikuti Customs Goes to Campus

×

Ribuan Mahasiswa Antusias Ikuti Customs Goes to Campus

Sebarkan artikel ini
Customs Goes to Campus yang diikuti oleh ribuan mahasiswa seluruh Indonesia (KP/istimewa)

Banjarmasin, KP – Lebih dari seribu mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan universitas di Indonesia terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Customs Goes to Campus.

Android

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bea Cukai ke-75, Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan didukung kelima satuan kerjanya yakni KPPBC TMP B Banjarmasin, KPPBC TMP C Palangkaraya, KPPBC TMP C Pangkalan Bun, KPPBC TMP C Sampit, dan KPPBC TMP C Kotabaru.

Mereka menggelar kegiatan virtual yakni Customs Goes to Campus secara daring melalui aplikasi Zoom, Rabu (29/09).

Acara yang bertema Smart Generation itu diikuti oleh mahasiswa terdaftar dari berbagai Perguruan Tinggi antara lain Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Universitas Negeri Palangkaraya, IAIN Palangkaraya, Universitas Antakusuma, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit, STKIP Paris Barantai Kotabaru, Universitas Nusa Cendana, Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Keuangan Negara STAN, Universitas Indonesia, Universitas Wijayakusuma, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, dan sebagainya.

Kepala Bidang Fasilitas Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan, Isja Bewirman menjelaskan, Bea Cukai dalam menjalankan fungsinya tidak lepas dari partisipasi masyarakat, terutama dalam mengemban fungsi sebagai community protector.

“Karena mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dipandang perlu memahami Kepabeanan dan Cukai, utamanya dalam menghadapi pesatnya perdagangan global, beserta ancaman narkoba yang merusak generasi muda,” jelasnya.

Materi yang diangkat oleh para narasumber antara lain tugas dan fungsi Bea dan Cukai, barang kiriman, rokok illegal, dan narkoba.

Ia berhadap, dari materi yang disampaikan, diharapkan mahasiswa memahami tugas Bea dan Cukai sebagai revenue collector, community protector, trade facilitator, dan industrial assistance.

Pasalnya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berperan sangat penting untuk melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang berbahaya, melindungi industry dalam negeri, memberantas penyelundupan, memungut bea masuk dan pajak dalam rangka impor secara optimal untuk penerimaan keuangan negara.

Antusiasme mahasiswa membuat acara Customs Goes to Campus ini berlangsung dengan meriah dan direspon dengan beragam pertanyaan oleh mahasiswa.

“Kita juga meminta agar mahasiswa juga harus berhati-hati dan tidak sembarangan menerima titipan barang apalagi oleh orang yang tidak dikenal, karena tidak sedikit masyarakat yang terjebak dalam pengiriman barang terlarang, yakni narkoba,” tegasnya

Dalam kegiatan tersebut, yang menjadi narasumber yakni Naim Hamidi (Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas I), Fredy SN (Kepala Seksi Penindakan II), Arif Setiawan (Kepala Seksi Penerimaan dan Pengelolaan Data) dan Fitriyanto B (Kepala Seksi Narkotika dan Barang Larangan). (Zak/KPO-1)

Iklan
Iklan