Waspadai dan Antisipasi Gelombang Ketiga

Gelombang ketiga pandemi Covid-19 bisa saja terjadi kapanpun sebagai dampak pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan masih rendahnya capaian vaksinasi.

BANJARMASIN, KP – Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin HM Yamin menghimbau masyarakat agar tetap mewaspadai dan mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19.

Menurutnya gelombang ketiga pandemi Covid-19 bisa saja terjadi kapanpun sebagai dampak pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan masih rendahnya capaian vaksinasi.

” Menyadari hal itu di himbau masyarakat agar tetap mewaspadai dan mengantisipasi gelombang ketiga pandemi Covid-19,” katanya mengingatkan.

Sebelumnya kepada {KP} Minggu (3/10/2021) ia mengakui, kasus Covid di sejumlah daerah mengalami tren penurunan dalam dua pekan terakhir.

Banjarmasin misalnya sebut Yamin, oleh Komite Penangan Covid – Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) beberapa hari lalu akhirnya ditetapkan masuk PPKM Level 2.

Berita Lainnya
1 dari 3.685

Seiring ditetapkannya PPKNm Level 2 itu Rumah Sakit (RS) di Banjarmasin dilaporkan jumlah pasien yang dirawat karena terkonfirmasi Covid-19 mengalami penurunan cukup signifikan.

Meski begitu tandas unsur pimpinan dewan dari Partai Gerindra ini, baik Pemko dan masyarakat tidak terlena dengan situasi yang ada dan tetap memperhatikan protokol kesehatan masyarakat secara ketat.

Ia menyebutkan, saat ini penyebaran Covid-19 gelombang ketiga sudah dialami di sejumlah negara.

” Karena itu sekali diingatkan masyarakat untuk tidak boleh lengah dengan penurunan kasus Covid-19 yang terjadi belakangan ini,” katanya.

Lebih jauh ia mengatakan mencatat penelitian para ahli, Virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 sangat mudah bermutasi karena mempunyai sistem untuk menduplikat gen bernama RNA polymerase.

Menyinggung antisipasi gelombang ketiga Covid-19, Yamin juga meminta peran dan partisipasi RT/RW dalam mengingatkan warganya mentaati protokol kesehatan secara ketat.

” Selain itu jika ada warga yang terpapar segera laporkan ke Puskesmas terdekat agar mendapatkan perhatian dan dilakukan surveillance (pengawasan) secara ketat,” demikian kata HM Yamin. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya