Cegah Stunting dengan Rutin Konsumsi Ikan

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mencegah stunting dengan rutin mengonsumsi ikan.

Hal tersebut disampaikan bupati dalam sambutannya yang dibacakan Dahnial pada acara peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Ke-8 Tahun 2021 di Desa Panjaratan, Kecamatan Pelaihari, Rabu (17/11/2021).

“Kita patut bersyukur Tala dikaruniai sumber daya alam yang sangat mendukung perkembangbiakan ikan, baik ikan air tawar atau ikan dari hasil laut.

Oleh karena itu mari secara rutin kita konsumsi ikan sebagai bahan makanan pokok, karena pada ikan ada protein baik yang dapat mencegah stunting pada anak”, ungkap Dahnial.

Lebih lanjut Dahnial kembali menekankan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala untuk terus berupaya mencegah stunting pada anak. Pihaknya berharap penanganan stunting ini dapat didukung oleh seluruh pihak demi tumbuh kembang anak-anak Tala yang lebih sehat dan terhindar dari stunting.

Berita Lainnya
1 dari 541

“Penanganan stunting ini adalah tanggung jawab kita bersama, kami harap komitmen pencegahan stunting ini tidak hanya dari pihak pemerintah namun juga perlu dukungan dari para orang tua dan pihak-pihak lainnya”, tambahnya.

Peringatan HARKANNAS di Desa Panjaratan kali ini merupakan rangkaian kegiatan Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Adapun tema nasional pada HARKANNAS kali ini adalah Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor turut mengajak para orang tua untuk lebih memperhatikan pola makan anak. Tokoh yang akrab disapa Acil Odah tersebut berharap kepada orang tua harus lebih memperhatikan pencegahan stunting atau gagal tumbuh pada anak.

“Diperjalanan menuju Desa Panjaratan tadi saya melihat alam pegunungan Tala yang indah, ada sungai juga, artinya kondisi tempat tinggal disini memang bagus. Saya yakin ikannya juga banyak. Para orang tua tolong kita sama-sama jaga dan perhatikan gizi anak kita. Protein pada ikan itu baik, jadi harus rutin dikonsumsi. Mari para orang tua bersama pemerintah daerah kita cegah stunting atau gagal tumbuh pada anak”, pungkas.

Pada acara tersebut turut dilakukan kegiatan khitanan massal, penyerahan paket makan siang dan penyerahan hasil olahan ikan. Turut berhadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel Rusdi Hartono, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) III TP PKK Provinsi Kalsel Sukmawati, Ketua TP PKK Tala yang diwakili Wakil Ketua II TP PKK Tala Hj Rachmalina Dahnial Kifli, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tala Rizayadi, Kepala Dinas Kesehatan Tala Hj Nina Sandra, dan Kepala Dinas Perhubungan Tala Gentry Yuliantono. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya