Iklan
Iklan
Iklan
Martapura

Lomba B2SA, PKK Banjar Turunkan Kader Berpengalaman

×

Lomba B2SA, PKK Banjar Turunkan Kader Berpengalaman

Sebarkan artikel ini
LOMBA B2SA - Penilaian lomba B2SA tingkat Kalsel untuk Kabupaten Banjar. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Pada lomba makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kalsel, TP PKK Banjar menurunkan kader berpengalaman mengikutinya.

Ketua TP PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas saat menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba B2SA Kalsel, di Mahligai Sultan Adam Martapura mengatakan, persiapan yang dilakukan pihaknya antara lain bekerjasama dengan Dinas terkait, juga kader berpengalaman yang sudah mendapatkan pembekalan.

Android

”Harapan kami semoga ini bisa menjadi peluang dan jalan untuk mengharumkan nama Kabupaten Banjar di tingkat Provinsi maupun Nasional. Alhamdulillah tahun sebelumnya sudah mendapat juara 1, mudah-mudahan tahun ini juga dapat membawa hasil terbaik,” ungkapnya.

Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Hj Rolena Kinawati yang jadi salah satu juri lomba menjelaskan, kriteria penilaian sesuai dengan judul B2SA.

“Yang kita nilai ada keragaman pangan, beragam atau tidak. Beragam itu ada makanan pokok, sayuran, lauk, ada buah dan aman dikonsumsi, itu kriteria pasti,” tandasnya.

Terus bergizi, ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, protein hewani maupun nabati dan aman. Lalu apa ada cemaran lain yang membahayakan. Pihaknya tidak melarang pewarna makanan.

”Namun dalam lomba ini kita hindari,” jelasnya.

Lomba B2SA yang mengutamakan kuliner berbahan dasar singkong dan kuliner jenis mie ini dimaksudkan untuk menggalakkan konsumsi pangan yang beragam dan mengurangi konsumsi beras di Kalsel yang cukup tinggi, dengan menarik minat masyarakat mengolah menu B2SA sehari-hari.

Tim penilai terdiri dari perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Institut Teknologi Pangan, pengusaha kuliner dan ahli gizi. Penilaian dilaksanakan dengan mengunjungi semua Kabupaten/Kota dengan tetap disiplin protokol kesehatan. Sebelum pandemi Covid-19, lomba sendiri dilaksanakan hanya di satu tempat. (Wan/K-3)

Iklan
Iklan