Pemerintah Kota Banjarbaru Lakukan Normalisasi Sungai

Banjarbaru,KP- Menyusul tingginya intensitas hujan yang menyebabkan meluapnya air sungai di Kota Banjarbaru membuat Dinas PUPR Banjarbaru terus melakukan upaya normalisasi sejumlah sungai.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru, Subrianto, menjelaskan langkah mitigasi banjir yang telah dilakukan pada beberapa aliran sungai serta perbaikan dan normalisasi sungai-sungai untuk membuat aliran sungai kembali lancar.

” Jika ditemukan ada sarana SDA yang rusak akan diidentifikasi serta akan disiapkan untuk perbaikan,” jelasnya.

Bahkan di tahun 2021 pihaknya telah melakukan perbaikan di siring-siring yang ada di Sungai Kemuning yang rusak akibat banjir pada tanggal 14 Januari 2021 lalu, kemudian ditambahkan pihaknya melakukan identifikasi rencana di Kuranji terutama di Kertak Baru serta Basung.

Berita Lainnya
1 dari 762

“Kami menormalisasi di sungai ujung murung sampai sungai dadap dan parit besar untuk memperlancar aliran dari Kuranji dan Gunung Kupang,” tambahnya.

Kemudian di Sungai Rimbah, Subrianto mengatakan jika pihaknya telah memasang jaring penahan sampah dan melakukan pelebaran didaerah patahan di belakang SPBU Landasan Ulin.

Walau demikian, upaya normalisasi sungai tidak berjalan mulus, alasannya masih ada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai.

Pun kendala masih dihadapi seperti di Kuranji, masih ada pemukiman di bantaran sungai sehingga kita tidak bisa melakukan pelebaran, meski telah dilakukan sosialisasi tapi warga masih enggan direlokasi meski BAPPEDA telah menyampaikan jika sudah ada perencanaan akan melakukan pengadaan Rusus (Rumah Khusus) untuk warga yang masih tinggal di bantaran.

Dikatakannya di tahun 2022 mendatang dirinya akan tetap melakukan normalisasi sungai. (Dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya