Pemkab Banjar Tegaskan Pentingnya RDTR Martapura

Martapura, KP – Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Ahmad Solhan menegaskan, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Perkotaan Martapura sangatlah penting.

”Mengingat di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017 tentang RTRW Nasional, terdapat 8 wilayah administrasi Kecamatan di Kabupaten Banjar, termasuk dalam Kawasan Strategi Nasional (KSN) Banjarbakula,” kata Solhan mewakili Bupati saat membuka Konsultasi Publik RDTR dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kawasan Perkotaan Martapura, kemarin.

Dikatakannya, tujuan Konsultasi Publik ke 2 RDTR Perkotaan Martapura ini guna mengakomodir isu-isu strategis pengembangan kawasan perkotaan, terutama dalam penentuan rencana struktur ruang dan pola ruangnya.

Berita Lainnya

SOTK Baru, Banjar Gelar Uji Kompetensi Pejabat

LPTQ Banjar Gelar Diklat Dewan Hakim MTQ

1 dari 708

”Kecamatan dimaksud adalah Martapura yang telah teridentifikasi sebagai kawasan perkotaan,” tandasnya.

Dijelaskannya, Kecamatan Martapura ini telah ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW), sehingga diperlukan adanya RDTR yang merupakan alat operasionalisasi dan pengendalian pemanfaatan ruang dalam implementasi RTRW.

”Sehingga dapat menjadi acuan, terutama dalam proses perizinan dan kepastian investasi,” tambahnya.

Adapun yang menjadi narasumber konsultasi publik tersebut, Eko Budi Kurniawan dari Direktorat Jenderal Tata Ruang, Ketua Komisi III DPRD Irwan Bora, Plt Kadis Lingkungan Hidup Ir Mursal. Diikuti peserta dari perwakilan Kepala Badan Wilayah Sungai Kalimantan II Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Perwakilan BPJN XI Kalsel, SKPD terkait serta asosiasi profesi. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya