Ratusan Sastrawan Ikuti ASKS XVIII di Balangan

Paringin, KP – Gelaran Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XVIII yang dihelat di kabupaten Balangan, diikuti sekitar 218 peserta perwakilan dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel. ASKS XVIII yang mengusung tema “Maangkat Batang Tarandam”, dilaksanakan dari tanggal 12 sampai 14 November 2021 ini, berpusat di Gedung Budaya Garuda Maharam, Kecamatan Paringin. Dan dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Kalimantan Selatan Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Faried Fakhmansyah.

Faried Fakhmansyah, dalam sambutannya mengingatkan Aruh Sastra bisa terus berlangsung dari tahun ke tahun dan terus mempererat kebersamaan.

“Tentu saja acara Aruh Sastra semacam ini akan memberikan peluang besar bagi generasi muda, bawah sastra dan kesenian peran penting dalam mendorong percepatan pembangunan sumber daya manusia di Banua kita,” katanya.

Sementara, Bupati Balangan H Abdul Hadi sangat berterima kasih dan mengapresiasi, Balangan kembali dipercaya menjadi tuan rumah dari event yang menghadirkan insan-insan sastra dari seluruh Kalimantan Selatan.

“Kalau tidak salah, tahun 2008 lalu Balangan juga pernah menjadi tuan rumah arus sastra seperti ini,” ucap Hadi.

Berita Lainnya
1 dari 578

Oleh karenanya, dengan fasilitas yang terbatas, Abdul Hadi bertekad agar event ini berlangsung sukses dan bisa menjadi tuan rumah yang lebih baik dibanding pada saat tahun 2008 yang lalu.

“Kita ingin menyukseskan aruh sastra ini meskipun sarana dan prasarana kita belum sama seperti di kota/kabupaten lain,” imbuhnya.

Bupati Balangan H Abdul Hadi berharap, pelaksanaan ASKS XVIII di Balangan ini bisa berjalan sukses dan mampu membangkitkan semangat warga Balangan dalam menghasilkan karya sastra.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, H Ribowo selaku panitia pelaksana menyampaikan, ada lima agenda yang dilaksanakan pada ASKS XVIII, yakni bacangkurah maharagu sastra banjar yang dibalut dengan seminar sastra, menyampuk pandir manyising puting gasan ASKS XVIII atau sidang pleno dan Karasmin sastra 13 kabupaten / kota serta lomba aruh sastra Kalsel, dan kembang rampai puisi penyair Kalimantan Selatan.

“Untuk lomba yang digelar yakni bahaharatan baulah kisah rakyat Balangan, bahaharatan baulah syair banjar, bahaharatan basyair dan bahaharatan baturai pantun,” jelasnya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya