Dukung Posko PPKM Jadi Lokasi Vaksinasi

Banjarmasin, KP – Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, H Troy Satria mendukung dijadikannya posko penjagaan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 untuk Natal dan tahun baru (Nataru) untuk kegiatan vaksinasi.

“Kita dukung upaya menggiatkan posko PPKM level 3untuk vaksinasi, agar masyarakat mudah mendapatkan vaksin Covid-19,” kata Troy Satria kepada KP, Jumat (3/12), di Banjarmasin.

Diakui, posko penjagaan PPKM level 3 tidak hanya pengawasi mobilitas masyarakat, namun juga bisa mendapatkan vaksinasi.

“Ini jelas memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi,” tambah politisi Partai Golkar.

Diharapkan target vaksinasi mencapai 80 persen pada akhir tahun nanti bisa direalisasi, mengingat semua daerah di Kalsel kini meningkatkan kegiatan vaksinasi, bahkan jumput bola ke masyarakat.

“Semoga herd immunity bisa segera tercapai sebelum akhir tahun,” ujar Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kalsel.

Selain itu, juga upaya mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan juga terus dilakukan agar tidak lalai, kendati kasus Covid-19 melandai. “Protokol kesehatan harus jangan diabaikan, karena beresiko meningkatkan kasus Covid-19,” kata Troy Satria.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menyampaikan, pihaknya menggiatkan posko penjagaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 untuk Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk vaksinasi.

“Tahun lalu (Nataru) kita melakukan antigen massal secara acak, sekarang diganti jadi vaksinasi,” ujarnya di Banjarmasin, kemarin.

Menurut dia, giat posko penjagaan PPKM level 3 Nataru untuk mengurangi dan mengawasi mobilitas masyarakat agar penyebaran Covid-19 tidak meluas.

Berita Lainnya

Ibnu Sina Hadir di Apeksi Nasional

PKK Laksanakan Rapat Rutin

1 dari 4.236

“Jadi kita manfaatkan untuk peningkatan sasaran vaksinasi Covid-19,” tambahnya.

Salah satunya yang direncanakan di posko penjagaan depan Duta Mall atau Jalan A Yani KM 2.

“Keputusan menggiatkan ini sesuai hasil dari rapat koordinasi bersama pemerintah pusat yang dilakukan di ruang Rupatama Polresta Banjarmasin, beberapa waktu lalu,” tuturnya.

Menurut Machli Riyadi, momen ini dimanfaatkan untuk mendongkrak capaian vaksinasi, meskipun diakuinya tidak terlalu signifikan.

“Momentum ini akan kita jadikan sebagai percepatan percepatan dengan harapan kita bisa mencapai target vaksinasi sebanyak 80 persen di akhir Desember nanti,” harapnya.

Machli Riyadi menjelaskan, layanan vaksinasi akan disediakan mulai pukul 09.00 pagi hingga sore hari.

Karena jika dipaksakan hingga malam hari, akan berdampak pada kualitas vaksin yang sangat tergantung dengan kondisi suhu.

“Vaksin ini perlu dijaga suhunya. Naik 2 sampai 8 derajat celcius saja, kualitas vaksin yang dibawa ke pos vaksinasi akan berubah. Tidak sampai melebihi 6 jam pelaksanaan program,” tuturnya.

Menurut Machli Riyadi, penerapan PPKM level 3 saat Nataru akan dilaksanakan mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Sementara untuk persentase capaian vaksinasi di Banjarmasin hingga sekarang masih di angka 69,41 persen. (lyn/ant)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya