Penundaan Pelantikan Sekda, Alasan Syarat Administrasi

Wali Kota Ibnu Sina pun menunjuk Doyo Pujadi, Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Banjarmasin

BANJARMASIN, KP – Alasan dibalik tertundanya pelantikan Ikhsan Budiman sebagai pejabat definitif di jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Banjarmasin terpilih akhirnya terjawab.

Sebelumnya, Ikhsan Budiman, Sekda Banjarmasin yang dipilih berdasarkan hasil seleksi lelang terbuka, diagendakan bakal dilantik kemarin, Selasa (30/11) di Balai Kota.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina membeberkan, bahwa proses administrasi di tingkat Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang belum kelar lah menjadi penyebab, Ikhsan Budiman belum bisa dilantik.

“Kita masih menunggu proses administrasi di Provinsi. Doakan semoga bisa cepat,” ucap Ibnu, saat ditemui awak media, Rabu (01/12) pagi.

Akibat tertundanya proses pelantikan itu, Ibnu pun sementara menunjuk Doyo Pujadi, Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Banjarmasin.

“Kita menunjuk Pak Doyo sebagai Plh Sekda Banjarmasin untuk sementara,” pungkasnya.

Sementara itu, saat ditemui awak media di Balai Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi mengaku siap melaksanakan tugas-tugas sebagai Plh Sekda secara profesional. Terhitung dari tanggal 1 Desember 2021.

Berita Lainnya
1 dari 5.119
loading...

“Bukan karena sementara kemudian sementara juga sifatnya, tidak. Kita tetap melaksanakan tugas sebagaimana harus dilakukan Sekda,” ungkapnya di lobi Balai Kota, Rabu (1/12) sore.

Lantas sampai kapan pria yang saat ini menjabat sebagai Asisten II Sekdako Banjarmasin itu mengisi kedudukan panglima dari seluruh ASN di Pemko Banjarmasin?

Terkait hal itu, Doyo menuturkan bahwa dirinya akan bertugas sebagai Plh Sekda sampai pelantikan pejabat definitif digelar. Meski begitu, ia tetap berharap sekda defenitif akan segera dilantik secara resmi.

“Kapan itu ya saya tidak bisa memastikan. Yang jelas saya sebagai Plh sekda berharapnya secepatnya saja agar clean and clear,” tutupnya

Diketahui, sebelumnya jabatan Plh Sekda dijabat oleh Sugito Said. Namun pada tanggal 30 November 2021 kemarin Sugito memasuki masa purna tugas.

Diberitakan sebelumnya, kebenaran informasi pelantikan dirinya juga diakui oleh Ikhsan Budiman. Bahkan posisinya saat ini juga diketahui sudah berada di Kota Banjarmasin.

“Saya datang dari Jakarta, langsung ke Banjarmasin. Dapat kabar pelantikan itu, langsung dari pak wali kota, Kamis (25/11) tadi,” ungkapnya saat itu.

Ikhsan menilai, prosesi pelantikan adalah hal yang biasa. Karena yang terpenting baginya adalah kinerja, setelah resmi menjabat sebagai Sekdako Banjarmasin secara definitif.

“Di awal nanti saya akan melakukan konsolidasi. Pertama di Sekretariat Daerah dulu. Saya juga akan sowan ke seluruh SKPD terlebih dahulu,” tuntasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya