Dewan Dukung Pendirian BLK Disnaker Katingan

Kasongan, KP – Kalangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Katingan mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Katingan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di bawah naungan Dinas Tenaga Kerja setempat.

“Dengan adanya BLK tentu berdampak besar untuk kesejahteraan masyarakat. Karena masyarakat disediakan wadah untuk menempa diri guna menggeluti berbagai jenis usaha,” ungkap Rudi Hartono, Jumat (28/1/2022).

Menurut Legislator asal daerah pemilihan III ini, sejumlah kategori pelatihan ada di BLK, seperti elektronik, montir, perhotelan, peternakan, tata rias dan sejumlah pelatihan yang dapat memberdayakan masyarakat Katingan, utamanya para generasi muda dan masyarakat yang putus sekolah serta masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya.

Sementara itu, Kepala Distransnaker Katingan, Hariawan menjelaskan, BLK itu nantinya jika sudah dibangun secara administrasi dibawah kendali Disnaker setempat. Meskipun tidak berupa bidang organisasi perangkat daerah, namun berbentuk unit pelaksana teknis dinas (UPTD).

Berita Lainnya
1 dari 183
loading...

“Ini masih rencana, sehingga mulai sekarang saya bersama jajaran terkait akan melakukan penyusunan administrasinya. Terutama untuk penyusunan rencana pembuatan Peraturan Daerah (Perda),” jelas Hariawan.

Sebelum menjadi Perda, lanjut dia, yang harus disusun dan persiapkan terlebih dahulu adalah dokumen rancangan peraturan haerah (Raperda). “Kalau sudah rampung Dokumen Raperda BLK ini, baru kita usulkan ke DPRD Kabupaten Katingan,” terangnya.

Dia mengakui, memang proses pembentukan regulasi untuk pembangunan BLK itu tidak instan. Bahkan, membutuhkan jangka waktu yang cukup lama agar dapat mencapai hasil yang maksimal. “Namun, jika memang kita niatkan dengan ikhlas, insya Allah akan lebih cepat dari yang kita rencanakan sebelumnya,” timpalnya. (Isn/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya