Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OPINI PUBLIK

Kontribusi Media Pembelajaran dalam Menunjang Proses Pembelajaran Bahasa Inggris

×

Kontribusi Media Pembelajaran dalam Menunjang Proses Pembelajaran Bahasa Inggris

Sebarkan artikel ini

Oleh : Haida Mujahidah, S.Pd
Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 11 Banjarmasin

Seorang guru mempunyai peranan dan tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar bahasa Inggris di kelas. Bagaimana seorang guru itu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, termotivatif, dan inspiratif guru harus membuat suatu perubahan dan pembaharuan atau yang disebut dengan inovasi pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini juga diatur dalam Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan Bab IV Pasal 19 ayat 1 yang mengatakan, “Bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik”.

Guru harus melakukan perubahan dan pembaharuan setiap kegiatan belajar mengajar dengan cara membuat inovasi pembelajaran yang bisa menggugah motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Perlu disadari juga oleh seorang guru bahwa menciptakan karya inovasi itu merupakan salah satu bagian dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Permen Pan dan RB 16 tahun 2010 pasal 11 ayat c). Salah satu bentuk karya inovasi yang diciptakan guru adalah Media Pembelajaran.

Pada umumnya siswa mengatakan belajar bahasa Inggris itu sulit. Banyak faktor yang menyebabkan kesulitan siswa belajar bahasa Inggris. Faktor itu bisa berasal dari dalam diri siswa itu sendiri (intern) maupun dari luar siswa (ekstern). Pada tulisan ini akan dibahas salah satu faktor ekstern yang menjadi masalah dan penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menangkap materi bahasa Inggris yang dijelaskan guru, yaitu media pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru kurang menggunakan media yang tepat yang bisa membuat siswa tertarik, terangsang dengan cepat tangkap dan mudah memahami materi yang diberikan.

Baca Juga:  Tindak Lanjuti Surat PPATK

Media pembelajaran adalah semua alat bantu yang bisa digunakan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Ini berarti keberadaan media pembelajaran sangat memegang peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Fungsi utama media pembelajaran ada dua yaitu : 1. Membantu guru untuk mengelola pembelajaran secara ; dan 2. Membantu siswa belajar lebih efisien. Untuk itu guru seharusnya menyadari bahwa penggunaan media pembelajaran akan sangat memudahkan tugasnya dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pembelajaran kepada siswanya.

Media akan lebih diutamakan pada materi pembelajaran yang sulit, rumit dan komplek untuk dicerna dan dipahami oleh siswa. Tingkat kesukaran materi pembelajaran bervariasi. Pada satu sisi ada materi pembelajaran yang tidak memerlukan media, tetapi dilain sisi ada materi pembelajaran yang memerlukan media.

Materi pembelajaran yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi tentu sukar dipahami oleh siswa, apalagi siswa yang kurang menyukai materi pembelajaran yang disampaikan. Materi yang seperti ini akan sangat dipahami siswa apabila dibantu sebuah media yang tepat. Untuk itu guru perlu mengetahui, bisa memilih dan meng-gunakan media yang tepat dalam pembelajaran untuk mempermudah materi yang diajarkan.

Penggunaan media pembelajaran bahasa Inggris adalah bertujuan untuk membuat siswa mudah memahami materi pembelajaran dan menciptakan situasi kelas menjadi lebih hidup dan tidak membosankan serta mengadakan interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan atau kehidupan nyata. Secara empirik media pembelajaran mempunyai manfaat utama yaitu membantu siswa untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Sedangkan manfaat lain yang bisa diambil adalah : 1. Siswa bisa terlibat langsung dalam pembuatan media sehingga siswa aktif, kreatif, inspiratif karena ikut mencari, mengamati, membuat, mengerjakan, mendemonstrasikan, memerankan dan lain-lain; 2. Memberikan pengalaman nyata pada siswa, sehingga siswa bisa mengaitkan materi dan pengalaman belajar di kelas dengan kehidupan nyata; 3. Pembelajaran bahasa Inggris di kelas menjadi lebih bervariasi, hidup sehingga tidak membosankan; 4. Memperjelas penyajian materi yang disampaikan.

Baca Juga:  Cinta Produk Dalam Negeri Jadilah Bangsa Mandiri

Manfaat media pembelajaran secara umum memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Sedangkan secara lebih khusus manfaat media pembelajaran, yaitu : 1. Dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa karena pengajaran akan lebih menarik perhatian mereka; 2. Makna bahan pengajaran akan menjadi lebih jelas sehingga dapat dipahami siswa dan memungkinkan terjadinya penguasaan serta pencapaian tujuan pengajaran; 3. Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata didasarkan atas komunikasi verbal melalui kata-kata; dan 4. Siswa lebih banyak melakukan aktivitas selama kegiatan belajar, tidak hanya mendengarkan tetapi juga mengamati, mendemonstrasikan, melakukan langsung, dan memerankan.

Pada dasarnya media pembelajaran memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik suatu media pembelajaran akan membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu selain dilihat dari keunggulannya, cara pembuatan maupun cara penggunaannya, media harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, karakteristik peserta didik dan karakteristik mata pelajaran. Artinya bahwa media yang berkarakteristik adalah yang disesuaikan dengan kebutuhan, level, usia, kemampuan peserta didik dan tingkat kesulitan materi. Menurut siswa salah satu mata pelajaran yang materinya sulit dipelajari dan dipahami adalah bahasa Inggris. Untuk mengatasi ini guru bahasa Inggris harus mencari solusi yaitu media yang tepat dan sesuai dengan tingkat kesulitan materi. Memahami karakteristik media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki guru dalam kaitannya pemilihan media pembelajaran. Disamping itu memberikan kemungkinan pada guru untuk menggunakan berbagai media pembelajaran bahasa Inggris secara bervari
asi.

Media pembelajaran yang dipilih harus memenuhi kriteria-kriteria yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran, kondisi siswa, ketersediaan, biaya dan kualitas teknis mengacu pada suatu kenyataan bahwa ketika memilih suatu media, media yang dipilih tersebut haruslah berkualitas baik walau dibuat dengan sederhana dan menggunakan barang bekas.

Baca Juga:  Menantang Nyali Politikus Muda Tampil dalam Pemilu

Media yang digunakan dalam kegiatan proses belajar mengajar Bahasa Inggris sangatlah penting untuk membantu mengkondisikan situasi kelas menjadi lebih hidup, menarik dan tidak membosankan. Peran utama media dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah untuk merangsang pikiran siswa dan mempermudah siswa dalam menangkap atau memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga membantu tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Iklan
Iklan