Tingkatkan Minat Ternak dan Kelestarian Kontes Kambing

Banjarbaru,KP- Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banjarbaru yang ke-23, Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar acara Kontes Kambing Regional Kalimantan Selatan.

Bahkan dalam ajang kontes ini diikuti kurang lebih dari 100 kambing dan peserta dari wilayah Kota Banjarbaru, Kab. Banjar, Kab. Tanah Laut, Kab. Tapin dan Kab. Kapuas, yang akan memperbutkan Piala, sertifikat dan uang pembinaan

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin menyampaikan rasa bangga dan senang karena dapat bertemu dengan para peternak, dan pecinta kambing dalam kontes. Kontes diadakan untuk mencari bibit terbaik. Juga bertujuan untuk tetap menjaga kelestarian kambing dan memotivasi para peternak kambing di Kalimantan Selatan.

“Dimasa pandemi saat ini, sektor peternakan merupakan salah satu sektor yang tahan terhadap pandemi. Untuk itu, Pemerintah Kota Banjarbaru berkomitmen untuk memprioritaskan program pembangunan peternakan,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 942
loading...

Masih kata Aditya, semoga dengan terselenggaranya kontes ini akan lebih mendorong pengembangan usaha peternakan dapat meningkatkan nilai tambah atau nilai jual ternak, sehingga dapat meningkatkan sektor ekonomi masyarakat.

Perlu diketahui, kebutuhan kambing di Kalimantan Selatan sebanyak 80.000 pertahun. Sedangkan kemampuan lokal untuk memenuhi kebutuhan kambing hanya 5-8% saja.

Bahkan dalam kontes kambing pada tahun ini, ada beberapa kriteria atau persyaratan yaitu Etawa, kelas B (Pejantan) dengan syarat gigi poel 1-2 pasang, kelas C1 (Calon Pejantan) dengan syarat calon pejantan belum poel dengan tinggi badan lebih dari 70 cm.

Selanjutnya, Boel, Kelas Pemula dengan berat 25 kg hingga 70 kg. Kelas Berat dengan berat 80 kg hingga 150 kg.

Kemudian, Extreme, dengan persyaratan semua jenis kambing pejantan (PE, Sumbawa, Gibas, dll), yang dinilai dari postur, bobot, umur dan pertumbuhan. (Dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya