Iklan
Iklan
Iklan
Barito KualaEKONOMI

BRI Marabahan Sukseskan Desa Karang Bunga Menuju Desa Brilian

×

BRI Marabahan Sukseskan Desa Karang Bunga Menuju Desa Brilian

Sebarkan artikel ini
Meningkat - Dengan pinjaman modal dari BRI, petani mampu meningkatkan hasil perkebunan jeruk serta potensi keuntungan klaster menjadi lebih besar sehingga kesejahteraan anggota dapat terjamin.

Marabahan, KP – Desa Karang Bunga berhasil mengikuti event nasional dengan produk unggulan Jeruk Siam. Seiring itu, BRI Marabahan pun sukses tembus ke dalam event nasional yang diadakan oleh BRI Kantor Pusat sebagai salah satu dari 5 Klaster terpilih di seluruh Indonesia.

Klaster Jeruk Siam dari Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, merupakan salah satu klaster unggulan yang ada di Barito Kuala.

Android

Produk olahan yang dihasilkan dari jeruk Desa Karang Bunga adalah berupa es krim dengan label Antani. Selain itu juga terdapat produk unggulan lain, yaitu padi lokal.

Berawal dari potensi desa yang mayoritas masyarakatnya petani jeruk dan dikelola secara individu yang kemudian akhirnya membentuk klaster usaha di awal tahun 2021 dan
beranggotakan 33 orang.

Sedangkan, salah satu permasalahan petani jeruk adalah perawatan masa produksi pada tanaman jeruk. Karena jeruk memerlukan perawatan khusus dengan biaya cukup besar, mulai dari pemupukan, penyemprotan dan perlindungan buah agar tidak rusak dari serangan hama lalat buah.

Di sini BRI pun berperan, khususnya BRI Unit Sungai Gampa Kantor Cabang Marabahan memberi dukungan berupa permodalan KUR dan Kupedes, serta layanan perbankan lainnya.

Dengan pinjaman modal dari BRI, petani mampu meningkatkan hasil perkebunan jeruk serta
potensi keuntungan klaster menjadi lebih besar sehingga kesejahteraan anggota dapat terjamin.

BRI juga memfasilitasi studi banding untuk aparat desa yang sekaligus merangkap sebagai ketua BUMDes ke Semarang untuk kemajuan desanya, serta pelatihan untuk kelempok petani
jeruk.

Ibu Santi sapaan akrabnya, merupakan salah seorang warga Desa Karang Bunga pemilik Agen Brilink Arto Podo Moro sekaligus sebagai Ketua Klaster Jeruk.

Dia memulai karirnya sebagai petani jeruk dan kemudian bekerja sama dengan BRI sebagai Agen Brilink, yang sekarang sukses mengembangkan usahanya hingga memiliki toko buah dan sembako. Bahkan, saat ini ia juga memiliki 20 ekor sapi yang semula hanya 5 ekor sapi.

Dengan kelolaan BRI Unit Sungan Gampa, Ibu Santi sangat berterima kasih atas support dari BRI berupa
pinjaman dana KUR hingga terfasilitasi dalam pengelolaan usahanya sampai saat ini. (Opq/KPO-1)


Iklan
Iklan