Lemhannas Gelar Sosialisasi dan Dialog Wawasan Kebangsaan di Kalsel

Banjarmasin, KP- Lembaga Pertahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menggelar Sosialisasi/Dialog Wawasan Kebangsaan Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan, bertembat di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (11/5).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dalam sambutannya yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar mengatakan, pertemuan ini merupakan bagian dari langkah kita bersama untuk menjadikan wawasan kebangsaan sebagai modal penting dan strategis dalam pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

Di era globalisasi ini, kata Sekdaprov, kemajuan teknologi telah merubah pola kehidupan masyarakat. situasi pandemi dua tahun terakhir, telah mendorong perubahan ini semakin cepat, khususnya di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Ia menuturkan, satu sisi perubahan tersebut mendatangkan berbagai dampak positif, membuka berbagai kesempatan bagi masyarakat dan dunia usaha, khususnya bagi mereka yang terdampak pandemi. sedangkan arus informasi dan komunikasi yang semakin cepat ini, juga menimbulkan tantangan tersendiri, khususnya dalam membangun kekohesifan kita sebagai suatu bangsa.

Ia mengakui, masyarakat yang semakin materialistis dan pragmatis akibat globalisasi ini, karena gejala-gejala tersebut sudah mulai terlihat ditambah kemudahan mengakses informasi melalui teknologi, ternyata tidak serta merta diikuti oleh semakin kuatnya rasa persatuan dan rasa senasib sepenanggungan kita sebagai sesama rakyat indonesia. Begitu banyaknya kabar-kabar hoaks, berita bohong, narasi-narasi kekerasan yang beredar di lini masa sosial media, yang berujung pada perdebatan dan perpecahan.

Sebagai negara dan daerah yang dikenal karena keramahan, gotong royong, serta saling membantu sesama tanpa pamrih. kekayaan ini tidak boleh kita biarkan tergerus oleh zaman. persatuan dan kesatuan nkri tidak boleh dipecah-belah, diprovokasi, serta dihancurkan oleh paham-paham radikal, dan ideologi yang tidak sesuai dengan pancasila.

Berita Lainnya
1 dari 1.543
loading...

Sementara itu, Gubernur Lemhannas, Andi Widjajanto menyampaikan sosialisasikan 4 konsensus dasar dalam memantapkan nilai kebangsaan dan wawasan terkait bio politik.

Andi mengatakan, ini menjadi salah satu tugasnya di Lemhannas, terlebih wawasan bio politik tentang pertarungan-pertarungan kekuatan disekeliling kita yang nanti konsekuensinya kepada perebutan sumberdaya dan perebutan aktivitas yang kemudian akan mempengaruhi banyak aspek ekonomi, sosial di Indonesia.

Sosialisasi kebangsaan di Kalsel ini juga akan dikaitkan dengan dinamika-dinamika terkini seperti krisis di Rusia – Ukraina, ketegangan antara Amerika dengan China.

Ia menuturkan, Pulau Kalimantan akan semakin strategis kedepan, karena kedepan kita akan masuk ke era ekonomi hijau (green economic) dan bagaimana mewujudkan pertumbuhan2 hijau dengan paradigma karbon zero.

Ia menambahkan, selain akan ada perpindahan ibukota di Kalimantan Timur, tentu Kalimantan Selatan juga menjadi strategis. (adpim/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya