Paman Birin : Putra dan Putri Pariwisata 2022 Duta Promosikan Wisata Banua

Banjarmasin – Putra dan Putri perwakilan dari Kota Banjarmasin terpilih menjadi Putra Putri Pariwisata Kalimantan Selatan Tahun 2022 dalam Grand Final yang digelar di Galaxy Hotel Banjarmasin pada Sabtu (28/5) malam.

Putra Pariwisata Kalsel diraih oleh Abdul Aziz dan Putri Pariwisata disematkan kepada Gusti Novia Nanda.

Terpilih menjadi duta pariwisata Kalsel 2022, keduanya pun memiliki misi sebagai agen perubahan untuk merubah sudut pandang dunia terhadap pariwisata Kalsel.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor melalui Sekdaprov Roy Rizali Anwar dalam sambutannya menyampaikan Putra dan Putri Pariwisata Kalsel 2022 ini bisa menjadi duta dan agen perubahan untuk mempromosikan pariwisata banua.

Pun bagi peserta yang belum terpilih menjadi pemenang agar tetap dapat terus mendukung Kalimantan Selatan dalam mempromosikan kepariwisataan serta ikut megembangkan pariwisata Banua.

Roy mengatakan, pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor terbesar di dunia yang mendorong pembangunan sosio-ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. sektor ini memainkan peran penting dalam mendorong kesejahteraan, kesadaran lingkungan, teknologi dan budaya serta pemberdayaan masyarakat.

“Perkembangan pariwisata begitu pesat, berbagai wilayah berlomba dalam mempromosikan pariwisatanya. Kalsel harus memanfaatkan berbagai peluang agar tidak ketinggalan. jangan sampai kita hanya menjadi bagian dari pelaku perjalanan wisata saja. kita harus berjuang agar daerah kita menjadi tujuan utama perjalanan wisata di Indonesia,” katanya.

Ia menuturkan, saat ini penggunaan platform digital harus dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mengembangkan potensi pariwisata. digital tourism telah menjadi sebuah prospek potensial bagi dunia pariwisata di Indonesia.

“Pengoptimalan digitalisasi utamanya di dunia pariwisata perlu terus dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang memiliki dampak strategis bagi perekonomian masyarakat lokal,”ucapnya.

Ia berharap, putra-putri pariwisata dapat meningkatkan kemampuannya, khususnya kemampuan bahasa asing dan pengetahuan terkait kepariwisataan, sehingga sebagai duta pariwisata akan memberikan nilai tambah lebih dalam mempromosikan pariwisata Kalimantan Selatan hingga Mancanegara.

Berita Lainnya
1 dari 1.576
loading...

“Tingkatkan peran duta pariwisata, jadilah duta pariwisata yang berperan sebagai agen perubahan dalam pembangunan pariwisata Kalimantan Selatan serta menjadi bagian terdepan dalam memahami, memperkenalkan hingga menjadi bagian dari kehidupan pariwisata di Kalimantan Selatan,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga tak lupa mengucapkan selamat kepada finalis putera puteri pariwisata tahun 2022 dan Dinas Pariwisata Kalsel serta pihak terkait yang telah menggelar kegiatan tersebut

“Peran kalian sangat penting dalam upaya mempromosikan pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan bahwa pemenang Putra Putri Pariwisata Kalsel memiliki tugas yang cukup berat dalam mempromosikan pariwisata di masa endemi.

Ditambahkan Syarifuddin, mereka harus lebih gencar dalam mempromosikan potensi pariwisata di Kalsel yang cukup menarik dan tidak kalah dari daerah yang lain.

“Sebagai duta pariwisata, mereka berkewajiban untuk mempromosikan pariwisata di Kalsel, terlebih dimasa endemi seperti ini mereka harus lebih gencar lagi dalam mempromosikan potensi pariwisata kita yang cukup menarik dan tidak kalah dari provinsi yang lain,” tuturnya.

Lebih jauh Syarifuddin menjelaskan bahwa pemenang Putra Putri Pariwisata Kalsel juga akan dikirim untuk mengikuti pemilihan Putra Putri Pariwisata Indonesia di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan sejumlah pembekalan agar mereka mampu bersaing dengan Putra Putri Pariwisata dari seluruh Provinsi di Indonesia.

“Untuk persiapan ketingkat nasional, kita akan berikan pemebekelan berupa training center. Disini nanti mereka diberikan keterampilan terkait budaya Kalsel, karena ini juga akan ditampilkan pada tingkat nasional nanti. Untuk waktu pelaksanaan sementara ini kita masih belum tahu, namun kita akan lakukan persiapan ini sedini mungkin,” tegasnya.

Untuk diketahui, setelah melalui serangkaian panjang seleksi dan penilaian mulai dari audisi umum tingkat kabupaten/kota se-Kalsel, karantina terbuka, karantina tertutup, dan sejumlah tahapan lainnya. Abdul Aziz dan Gusti Novia Nanda finalis asal Kota Banjarmasin resmi terpilih sebagai Putra Putri Pariwisata Kalimantan Selatan Tahun 2022.

Selain memilih Putra dan Putri Pariwisata Kalsel 2022 , para juri juga memilih juara favorit, juara berbakat, dan juara persahabatan. (adpim/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya