Terapkan Akhlaq Ramadhan Dalam Kehidupan, Meski Hanya Seperempat

Tanjung, KP – Banyak hikmah Bulan Suci Ramadhan yang bisa dipetik, di antaranya penerapan akhlak, meski tidak mungkin melaksanakan seratus persen, namun bisa berusaha melaksanakan 50 persen atau seperempat persen dalam melanjutkan kehidupan di bulan-bulan berikutnya.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan Bupati Tabalong DR Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat memberikan sambutan di acara Halal bi Halal Pemerintah Kabupaten Tabalong, belum lama tadi di Halaman Pendopo Bersinar Tanjung.

Menurut Anang, akhlak selama bulan suci ramadhan mungkin tidak bisa diaplikasikan 100 persen, “100 persen akhlak di bulan Ramadhan mungkin tidak bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari namun separu atau seperempatnya saja sudah sangat bagus,” ujarnya.

“Intinya bagaimana kita membuat hidup ini supaya selalu enak melalui hikmah Ramadhan,” sebut Anang.

Dijelaskan Bupati Tabalong bahwa satu bulan melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, ada satu hikmah yang bisa di petik, “ada satu yang ingin saya garis bawahi, yakni ada satu hikmah besar yang mesti dipetik mulai melaksanakan puasa hari pertama hingga hari terakhir,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 338
loading...

“Saat umat Islam di seluruh dunia ini merasa bersalah, mereka pada momen bulan suci Ramadhan memanfaatkan untuk meminta maaf atau bermaaf-maafan, baik yang tua maupun anak-anak sekalipun belum tentu mereka bersalah. Nah, hikmah ini menurut saya luar biasa,” sebut Anang.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Tabalong ini berharap kepada semua pejabat, baik pejabat eselon II, pejabat tinggi pratama, pejabat administrator dan pengawas, fungsional, dan staf pelaksana untuk kembali ke garis start awal.

“Mari kita pacu dan kebetulan pandemic Covid-19 sudah mendekati angka nol. Kita sadari sudah lebih dua tahun pandemic Covid-19 banyak ketinggalan yang harus kita kejar kembali dengan kerja keras, jangan santai lagi,” tuturnya.

Sementara itu, ustadz H Marhadi dalam inti tausiyahnya menyampaikan, bahwa awali kemenangan Idul Fitri 1443 H ini dengan takbir. “Selama satu bulan Ramadhan, Allah mendidik kita supaya kita menjadi pribadi yang mudah-mudahan di akhir Ramadhan ini kita tambah suci, bersih hati, bersih pikiran serta secara ekonomi kita juga diberkahi oleh Allah SWT,” demikian pungkas beliau.

Acara Halal bi Halal Pemerintah Kabupaten Tabalong di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung tersebut digelar pada hari pertama masuk kerja usai cuti lebaran 2022. Dengan dihadiri oleh Bupati Tabalong DR Drs H Anang Syakhfiani M.Si, dan Wakil Bupati (Wabup) Tabalong Drs H Mawardi M.Si, bersama seluruh pejabat dan ASN jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Kegiatan halal bihalal ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Hafiz Fadhil Zamzami, Qori terbaik I pada MTQ Tingkat Nasional di Padang Tahun 2018 dan menghadirkan penceramah ustadz Marhadi. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya