Tonggak Awal Pembangunan Lumbung Ternak Wakaf Pertama di Kalsel


MARTAPURA, KP – Progres pembangunan lumbung ternak wakaf (LTW) oleh Global Wakaf Kalsel di Kawasan Islami Tahfidz Land Banjar mulai menunjukkan kemajuan. Hal ini terlihat dengan ditandatanganinya akta ikrar wakaf di Kawasan Islami Tahfidz Land Banjar, Desa Abirau, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar pada Minggu (29/5/2022).

Penandatanganan sendiri disaksikan langsung oleh perwakilan dari pewakif, yaitu Branch Manager Tahfidz Land Banjar, Topan Taopik Ramdan, pihak penerima wakaf atau nadzir dari Global Wakaf Kalsel, Zainal Arifin, di hadapan Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) Kecamatan Karang Intan, Muhammad Laili Sanusi.

Branch Manager Tahfidz Land Banjar, Topan Taopik Ramdan mengaku bersyukur. Menurut Topan, penandatanganan akta ikrar wakaf ini menunjukkan bahwa Tahfidz Land Banjar siap berkolaborasi dengan Global Wakaf Kalsel untuk pembangunan lumbung ternak wakaf dengan luas 10.200 meter persegi.

“Harapannya kita bisa berkolaborasi dan bersinergi antara Tahfidz Land Banjar dengan Global Wakaf Kalsel. Tentunya, dengan dibangunnya lumbung ternak wakaf ini, diharapkan dapat membangun ekosistem di kawasan Tahfidz Land Banjar dan saling mendukung program-program lainnya,” tutur Topan.

Tak hanya itu, dibangunnya lumbung ternak wakaf di kawasan Tahfidz Land Banjar yang nantinya akan dikelola oleh Global Wakaf Kalsel ini diharapkan dapat meramaikan kawasan Islami ini nantinya.

loading...

“Kita meramaikan kawasan yang tadinya kawasan yang tak terolah. Setelah adanya kolaborasi ini, kawasan Desa Abirau ini benar-benar hidup dengan berbagai program dan kegiatan lainnya,” imbuh Topan.

Sementara itu, Kepala Cabang Global Wakaf Kalsel Zainal Arifin menambahkan, Tahfidz Land Banjar telah mempercayakan lahan di kawasan Tahfidz Land Banjar untuk dikelola oleh Global Wakaf Kalsel. Penandatanganan akta ikrar wakaf sendiri merupakan tonggak awal pembangunan lumbung ternak wakaf pertama di Kalimantan.

“Tentunya kehadiran lumbung ternak wakaf ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan membantu ekonomi masyarakat desa setempat,” ucap Zainal.

Zainal menambahkan, usai penandatanganan akta ikrar wakaf antara Tahfidz Land Banjar dan Global Wakaf Kalsel, akan dilaksanakan pengecekan lahan yang diwakafkan oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banjar. Di mana nantinya oleh BPN Kabupaten Banjar akan melakukan pengukuran ulang dan peningkatan status tanah menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM) Wakaf.

“Setelah itu, kita akan melakukan pembangunan tahap awal. Kita akan melaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan kandang dan menyiapkan bibit hewan ternak untuk pelaksanaan Qurban di tahun depan,” ujar Zainal.

Masyarakat Kalsel, kata Zainal, dapat turut serta terlibat dalam proses pembangunan lumbung ternak wakaf ini.

“Dengan infak dan wakaf terbaiknya, masyarakat Kalsel telah turut serta membangun lumbung ternak wakaf yang akan memberikan manfaat bagi umat dan masyarakat Desa Abirau di mana lumbung ternak ini berada,” pungkas Zainal sembari mengajak. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya