Pers Kalsel Berduka, Wartawan Senior Erdeny M Yunus Meninggal Dunia

Banjarmasin, KP – Pers Indonesia kembali berduka. Salah seorang wartawan senior sekaligus mentor bagi jurnalis muda di Kalimantan Selatan, Erdeni M Yunus atau yang akrab dipanggil om Den menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin, Banjarmasin Senin (6/6) pagi.

Kabar duka wafatnya jurnalis kontributor Inews untuk wilayah Kalsel tersebut didapat dari informasi istri almarhum yang tersebar kepada rekan kerjanya sekitar pukul 09.15 WITA.

Kabar duka itu membanjiri beragam media sosial serta grup WhatsApp awak media di Kalimantan Selatan, khususnya Kota Banjarmasin.

Banyak yang merasa kehilangan, mulai dari rekan seprofesi, para politisi, pejabat daerah, bahkan para anggota TNI dan Polri di Kalsel.

Almarhum dikenal sebagai rujukan para jurnalis untuk belajar tentang penulisan, baik penilas untuk berita online, cetak, maupun elektronik seperti televisi dan radio.

Banyak wartawan muda muda yang memilih almarhum untuk dijadikan sebagai mentor dalam profesi jurnalis. Pasalnya, almarhum dikenal sebagai sosok yang baik, humoris dan selalu memberikan arahan kepada para wartawan muda di Kalsel.

Salah satunya Muhammad Syahbandi. Mantan jurnalis Kabar Kalimantan itu mengaku sangat berduka atas meninggalnya seorang mentor yang membimbingnya sewaktu masih jadi wartawan.

“Om Den, waktu beliau aktif di dunia jurnalis sangat baik dan suka bergaul dengan wartawan lainnya, serta orangnya suka membantu tanpa meminta pamrih,” ucapnya.

loading...

Selain itu, Bandi menceritakan, bahwa almarhum selalu memberikan didikan kepada wartawan yang masih baru serta selalu memberikan semangat.

“itu lah pengalaman saya saat berteman dengan Om Den semasih aktif di dunia wartawan,” imbuhnya.

Menurut kolega almarhum, Ibunda dari Om Den ingin anaknya disalatkan di Masjid Jami Sungai Jingah, dan dimakamkan di tempat yang masih satu lokasi dengan Almarhum Burhani Yunus.

“Saat ini jenazah sedang dimandikan dan disalatkan di Masjid Jami setelah dzuhur,” ungkap Tania, salah satu keponakan almarhum.

Ya, Erdeni M Yunus sendiri memang masih satu keluarga dengan wartawan senior Burhani Yunus. Mereka masuk dalam keluarga besar Djok Mentaya, yang merupakan pendiri SKH BPost alias Banjarmasin Post.

Nama Erdeni M Yunus begitu populer di Kalsel. Dia lahir di Banjarmasin, 8 september 1976. Namanya dikenal melalui karya-karya jurnalisnya terutama dalam pemberitaan kriminal, peristiwa dan pemerintahan. (Kin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya