Balogo persembahkan dua medali emas

Palembang, KP – Pegiat Inorga Persatuan Olahraga Balogo Seluruh Indonesia (Porgosi) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sukses meraih dua medali emas di Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI Palembang, Sumatera Selatan 2022.

Pegiat Porgosi Kalsel berhasil menyabet medali di kategori putra dan putri yang berlangsung di Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu.

Adapun dari beregu Putri ujar Husaini, Porgosi Kalsel menurunkan Atminiatul Awaliah dari Kabupaten Tapin, Sri Mar’ati dari Kabupaten Balangan dan Norlaila dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sementara di beregu putra, terdiri dari Muhammad Riduan dari Kabupaten HSS, Asmuni dari Kabupaten Tanah Bumbu dan Johansyah dari Kabupaten Tanbu.

Para pegiat yang diturunkan mampu menjaga marwah Kalsel dengan mempersembahkan medali emas dari permainan tradisional khas Banua tersebut.

Ketua Porgosi Kalsel, Muhammad Yamin turut mengapresiasi pencapaian para pegiatnya di inorga balogo yang perdana dipertandingkan di Fornas.

Berita Lainnya
1 dari 716
loading...

Ia berharap balogo semakin dikenal dan diminati masyarakat Indonesia.

“Ini bukti bahwa balogo khas Kalsel memiliki permainan yang cukup bagus, diharapkan balogo di Fornas berikutnya bisa terlaksana dan daerah lain bisa mengikuti kejuaraan tersebut,” harapnya, Senin (4/7/2022).

Sementara itu, Ketua Tim Kontingen FORNAS Kalsel, Taufik Arbain mengatakan bahwa medali emas yang diraih bisa memotivasi inorga lainnya untuk menambah pundi-pundi medali Kalsel.

“Ini sangat membanggakan dan menambah prestasi Kalsel. Hingga saat ini Kalsel sudah mengumpulkan 12 medali emas, 9 perak dan 5 perunggu,” pungkasnya.

Kadispora Kalsel H Hermansyah memaparkan, pihaknya setiap tahun pada Hari Jadi Provinsi maupun hari bersejarah lainnya, selalu menggelar Festival Balogo Paman Birin Cup.

‘’Alhamdulillah sekarang ini perkembangan olahraga balogo sudah semakin semarak, apalagi setelah terbentuknya organisasi inorga Porgosi, yang dipimpin tokoh muda HM Yamin. Diharapkan makin berkembang bukan hanya di Kalsel tapi juga di kancah nasional, bahkandi kancah global,’’ harap Hermansyah. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya