Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Kerjasama dengan Binda Kalsel, Lapas Banjarmasin Vaksin Ratusan Warga Binaan

×

Kerjasama dengan Binda Kalsel, Lapas Banjarmasin Vaksin Ratusan Warga Binaan

Sebarkan artikel ini
Vaksinasi Massal - Ratusan warga binaan sedang menjalani vaksinasi massal yang digelar Binda Kalsel di Lapas Kelas IIA Banjarmasin (KP/Zakiri)

Banjarmasin, KP – Upaya vaksinasi bagi warga binaan terus digencarkan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin.

Kali ini Lapas Banjarmasin bekerjasama dengan Badan Intelijensi Negara Daerah (Binda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk melaksanakan vaksinasi massal dengan sasaran warga binaan pada Jumat (22/07) pagi tadi.

Android

Ratusan warga binaan terlihat tertib mengantre menunggu gilirannya untuk bisa mendapatkan jatah vaksin dari petugas kesehatan yang dibawa Binda Kalsel.

Tidak hanya warga binaan, dalam gelaran vaksinasi massal yang juga bekerjasama dengan Puskesmas Pelambuan itu juga terlihat petugas Lapas yang ikut bervaksin.

Kepala Binda Kalsel, Kol Laut Achmad Syaifuddin (Merpati-20 Alfa) mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut sinergitas Binda Kalsel dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel melalui Lapas Kelas IIA Banjarmasin utk menekan penyebaran Covid 19 di Lapas.

“Harapannya kegiatan vaksinasi ini juga dapat dilanjutkan secara rutin dengan menyasar para pengunjung warga binaan di Lapas, yang bekerjasama dengan puskesmas setempat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Banjarmasin, Herliadi menjelaskan, vaksinasi massal ini bertujuan agar warga yang sedang menjalani masa pembinaan di lapas yang berlokasi di Jalan Sutoyo S, Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Barat itu memiliki daya tahan tubuh atau imun yang kuat dalam menghadapi ancaman paparan Covid-19 di lingkungan Lapas.

Bukan tanpa alasan, ia membeberkan, bahwa jumlah warga binaan di Lapas Kelas II A Banjarmasin saat ini sebanyak 2.349 orang dari kapasitas ideal sebanyak 366 orang.

“Sehingga, melalui pemberian vaksinasi secara masal ini menjadikan warga binaan semakin sehat dan meningkatkan imunitas sehingga warga binaan tidak terpapar virus Covid 19,” pungkasnya.

Disisi lain, Herliadi mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik sekaligus berterimakasih kepada jajaran Binda Kalsel yang bersedia menggelar vaksinasi di Lapas Kelas IIA Banjarmasin.

“Sasaran hari ini sekitar 150 orang warga binaan yang divaksin,” ujarnya.

Disinggung terkait saran dari Kabinda Kalsel terkait upaya vaksinasi ini juga menyasar pengunjung yang datang ke Lapas Banjarmasin, Herliadi mengaku akan segera menindaklanjuti hal tersebut.

“Rencana vaksinasi kepada para pengunjung warga binaan akan kita tindaklanjuti bersama Korwil Banjarmasin dan puskesmas setempat,” tuntas Herliadi.

Selain Ka Binda Kalsel, Kol Laut Achmad Syaifuddin (Merpati-20 Alfa) dan Ka Lapas Kelas II A Banjarmasin, Herliadi, agenda vaksinasi massal tersebut juga dihadiri Korwil Banjarmasin, Alfian P dan Serma Eko Budi dan Kepala Medik Lapas Kelas IIA Banjarmasin, dr Yayuk. (Kin/KPO-1)

Iklan
Iklan