Paman Birin Apresiasi Fotografi Geopark Meratus

27 Foto Terbaik dari 600 Foto Nominasi Pemenang

BANJARBARU, KP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya mendongkrak pariwisata khususnya Geopark Meratus.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Kalsel adalah dengan menggelar lomba fotografi tentang Geopark Meratus.

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor mendukung penuh upaya peningkatan promosi pariwisata sebagai bagian dari transformasi Kalsel dari sumber daya tak terbarukan menjadi sumber daya terbarukan.

Pengelolaan Geopark Meratus merupakan juga merupakan upaya Pemprov Kalsel untuk melindungi dan melestarikan kawasan Pegunungan Meratus.

Pada kesempatan tersebut Paman Birin juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang karyanya masuk dalam nominasi.

Paman Birin juga mengucapkan terima kasih kepada para fotografer yang telah ikut berpartisipasi mengirimkan karya terbaiknya.

Berita Lainnya
1 dari 6
loading...

Perhelatan kompetisi fotografi Geopark Meratus menuju Unesco Global Geopark ( UGG) yang di selenggarakan Badan Pengelola Geopark Meratus dan Kantor Berita Antara yang didukung Pemerintah Provinsi Kalsel, telah selesai dan memasuki tahap pembagian hadiah kepada para pemenang di masing masing kategori.

Minggu lalu penjurian telah dilakukan,
Dewan juri yg terdiri dari Donny Sophandi, mewakili Badan Pengelola Geopark Meratus, Prasetio utomo Kepala Redaksi Foto LKBN Antara, dan ulet ifan dari Getty Images telah memilih 27 foto terbaik dari 600 lebih yang masuk di tiga kategori yaitu Bentang Alam, Budaya dan Hayati.

Kurasi dan seleksi oleh dewan juri terbilang ketat dan membutuhkan waktu yang lumayan lama karna beberapa faktor dari segi mencocokan data teknis tentang foto dan lokasi pengambilan.

Terlebih di kategori Hayati, juri harus ekstra hati-hati dan sesekali membuka “kamus” untuk memastikan apakah foto2 satwa dan floranya, benar berada di hutan meratus atau sebagai obyek pendukung geopark meratus ujar salah satu juri, Donny Sophandi.

Adu argumen dari masing-masing juri pun tak terelakkan, antara foto yang berestetika dan memiliki nilai jual sebagai promosi Geopark sendiri menjadi perdebatan. Namun dari perdebatan sehat tersebut menjadi sebuah kekuatan untuk menentukan foto mana yang dianggap bisa mewakili foto Geopark Meratus yang berkarakter kuat yang nantinya akan dipamerkan di Galery Foto Antara di Jakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hanifah Dwi Nirwana menjelaskan, terkait pengumuman dengan pembagian hadiah yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Insya Allah, penyelenggaraan pengumuman dan pembagian hadiah akan kita gelar semeriah mungkin, mengingat saat ini kita sedang gencar – gencarnya mempromosikan Geopark Meratus ke khalayak luas. Nantinya para pemenang akan kita wajibkan hadir untuk menerima hadiah, yang waktunya masih kami sesuaikan,” ujar Hanifah yang juga sebagai Ketua Harian di Badan Pengelola Geopark.

Sementara itu, Nur Arief Nugroho, Tenaga Ahli Geopark Meratus menjelaskan, bahwa dengan terkumpulnya foto-foto dari peserta, tentunya akan menjadi bahan referensi pihaknya sebagai pengelola, karena dari sekian banyak foto – foto yang didokumentasikan peserta lomba, ternyata ada banyak yang kami belum dokumentasikan, dan ternyata Geopark Meratus memiliki karakter tersendiri akan budaya, hayati dan bentang alamnya. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya