Pengaruh Smart City pada Kota Modern

Oleh: Husna Karima
Mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi, Universitas Sari Mulia

Saat ini suatu kota dapat disebut sangat baik apabila memiliki kemampuan untuk mengembangkan kota tersebut dengan Smart City, penerapan konsep Smart City juga dinilai mampu mendukung pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, konsep ini mulai digunakan oleh berbagai negara di dunia. Sebelumnya mari saya beri sedikit informasi mengenai apa itu Smart City dengan singkat dan bagaimana Smart City menjadi tolak ukur dalam penilaian suatu kota, entah itu baik ataupun kurang baiknya penilaian suatu kota tersebut.

Apa itu Smart City? Smart City yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang berarti adalah Kota Cerdas. Smart City secara singkat mendefinisikan suatu kota sebagai kota yang mampu memaksimalkan dalam Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Manusia, dan sudah memiliki Infrastruktur yang modern. Yang berarti sudah dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan kehidupan sosial yang tinggi melalui pemerintahan yang dibantu dengan partisipasi masyarakat di dalam kota tersebut. Segala bentuk perencanaan daerah dan kota wajib melibatkan warga dan seluruh rancana dan kebijakan yg terbentuk sebisa mungkin dikomunikasikan dan diketahui sang warga daerah tadi atau daerah-daerah sekitarnya. Dengan konsep sistem kabar yang mengusung tema digital, bentuk-bentuk file dokumen perencanaan kebanyakan berupa dokumen fisik. Terdapat poly materi teknis dan peraturan daerah (Perda) atas kebijakan perencanaan yang bisa diakses warga secara fleksibel.

Berita Lainnya
1 dari 575
loading...

Tujuan dibangunnya suatu kota dengan Smart City tidak lain adalah untuk mengembangkan suatu perkotaan tersebut dalam membantu memaksimalkan teknologi informasi dalam komunikasi data dan Internet Of Things untuk mengelola tata kelola teknologi dalam kota. Adanya konsep smart city di harapkan dapat mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Konsep ini akan terpenuhi jika kota mampu mengelola sumber dayanya secara berkelanjutan dengan menggunakan sistem yang terintegrasi dan telah memenuhi infrastruktur dasar seperti air, listrik, sanitasi, keamanan, penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan, baik pemerintah maupun masyarakat serta transportasi yang efisien sehingga seperti untuk meningkatkan kualitas hidup, mobilitas masyarakat.

Smart city memakai kombinasi perangkat Internet of Things (IoT), solusi perangkat lunak, antar muka pengguna (UI & jaringan komunikasi). Tetapi teknologi yg disebut-sebut paling mendasar dalam smart city merupakan IoT. IoT sendiri merupakan sistem perangkat komputasi yang saling terkait, mesin mekanik & digital, objek, hewan, atau orang yang dilengkapi menggunakan pengidentifikasi unik dan kemampuan buat mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan hubungan antar insan atau insan dan komputer. Smart city memerlukan analitik big data supaya bisa diterapkan dalam sebuah kota. IoT lalu akan membuat deretan big data tadi buat lalu dianalisis dan diproses demi diimplementasikan pada banyak sekali layanan smart city.

Bagaimana penerapan teknologi dalam smart city? Menerapkan konsep dari Smart City ternyata mampu membantu mengatasi masalah perkotaan seperti masalah kesehatan maupun keamanan hidup masyarakat dalam suatu kota tersebut. Laporan global McKinkey institute (MGI) menyebutkan bahwa menerapkan konsep kota smart dapat meningkatkan beberapa indikator utama kehidupan seperti indikator kesehatan dan keamanan 10 sampai 20 persen.

Bagaimana menerapkan teknologi terbaru smart city? Dengan IoT dan teknologi yang dapat terhubung satu sama lain, maka smart city bisa menaikkan kualitas, kinerja dan interaktivitas Bagaimana menerapkan teknologi dalam smart city? Layanan perkotaan, dapat juga mengoptimalkan asal daya dan mengurangi biaya. Beberapa model penerapan IoT pada smart city misalnya smart infrastructure (smart parking, smart lighting dan jalan yang terkoneksi), smart energy management, smart water management, smart waste management sampai smart city services. Mengusung konsep smart city. Dengan digitalisasi, planning-planning pembangunan daerah & kota bisa dikomunikasikan menggunakan aporisma & fleksibel sebagai akibatnya warga bisa mengetahui kemana arah pembangunan loka tinggalnya. Konsep perkembangan teknologi kabar ini sebagai penekanan primer dalam konsep smart city. Smart city yang pula dikenal menggunakan ‘kota cerdas’ merupakan konsep atau visi perkembangan perkotaan buat mengintegrasikan teknologi kabar dan komunikasi pada segala aspek pengelolaan aset kota. Elemen pembangunan smart city merupakan smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya