Penyerahan Hak Cipta Mars Bergerak, Bukti Meningkatnya Kesadaran Pendaftaran KI Masyarakat Kalsel

Banjarbaru, KP – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan selenggarakan event Mobile Intellectual Property Clinic. Dalam kesempatan ini diserahkan sertifikat hak cipta atas karya Mars Bergerak yang diciptakan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor pada kegiatan yang digelar di Galaxy Hotel Banjarmasin, Senin (5/7).

Kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic atau Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak ini menjadi wujud komitmen Kanwil Kemenkumham Kalsel beserta Pemprov Kalsel untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan potensi kekayaan intelektual yang dimiliki.

Pendaftaran KI sendiri merupakan merupakan salah satu komitmen Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam memberikan kepastian dan perlindungan hukum atas segala bentuk karya dan cipta yang ada.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Iwan Kurniawan selaku Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi bersama Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi ini akan digelar selama 4 (empat) hari ke depan untuk memberikan diseminasi dan layanan konsultasi pendampingan pendaftaran Kekayaan Intelektual kepada masyarakat Kalimantan Selatan.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan sebagai perpanjangan tangan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual selama ini telah aktif mensosialisasikan layanan pendaftaran dan konsultasi Kekayaan Intelektual sehingga potensi Kekayaan Intelektual yang ada di Kalimantan Selatan dapat diakomodir untuk mendapatkan perlindungan hukum.

“Pada tahun 2021, Kanwil Kemenkumham Kalsel memperoleh penghargaan dengan kategori pendaftaran KI terbanyak seluruh Indonesia dengan kenaikan hampir 200% dan peningkatan PNBP setiap tahunnya karena implikasi banyaknya pendaftaran dan pencatatan Kekayaan Intelektual. Sinergi dengan instansi terkait dalam hal MoU dan PKS dalam bidang Kekayaan Intelektual juga terus dilakukan untuk mengawal dan mengembangkan lagi hal positif ini,” ucap Lilik Sujandi.

Berita Lainnya
1 dari 25
loading...

Senada dengan hal tersebut Iwan Kurniawan selaku Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi menyampaikan bahwa melalui kegiatan Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak ini bertujuan untuk menggugah potensi KI di Kalsel.

“Berbicara tentang Kekayaan Intelektual tentu berbicara tentang perlindungan hukum atas karya dan ciptaan. Tetapi tidak sampai disitu saja, tujuan dari pencatatan Hak Kekayaan Intelektual juga untuk memberikan nilai ekonomi yang dapat memberikan kesejahteraan,” ucap Iwan Kuniawan.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor  menyampaikan menyampaikan bahwa ia terkejut atas penyerahan sertifikat hak cipta atas karya mars Bergerak yang diciptakannya.

“Atas nama pribadi saya mengucapkan terima kasih dengan dicatatnya lagu Mars Bergerak sebagai karya intelektual yang saya ciptakan. Dengan dicatatnya lagu ini sebagai karya intelektual Banua, semoga dapat menjadi motivasi bagi seluruh komponen masyarakat untuk terus berinovasi dan berkarya, terlebih di era ekonomi kreatif ini,” ucap Gubernur.

Guna meningkatkan pelayanan KI pada kegiatan ini dilakukan juga peluncuran Aplikasi Si Diyank Kalsel yang merupakan Sistem Aplikasi Data Inventarisasi Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal Kalimantan Selatan gagasan Eka Shanty Maulina selaku Kepala Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Pada kegiatan ini juga diadakan pameran produk Kekayaan Intelektual oleh pegiat usaha mikro kecil serta dilakukan penyerahan sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) kepada para tamu undangan yang berhadir.

Didaftarkannya Mars Bergerak milik Paman Birin, sapaan Gubernur Kalsel juga mencerminkan kepedulian pimpinan daerah dalam pendafataran dan perlindungan Kekayaan Intelektual. Hal ini tentu saja menjadi gambaran bahwa masyarakat Kalimantan Selatan sudah semakin peduli dan memiliki kesadaran pentingnya melindungi kekayaan intelektual. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya