Terasa Lebih Irit, Canggih dan Tak Bikin Penat

Banjarmasin, KP – Penghematan energi pada kendaraan dengan penggunaan teknologi hybrid di zaman sekarang memang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat, khususnya bagi pecinta otomotif di Kalimantan Selatan.

Namun tenang saja, baru-baru ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang bekerja sama dengan PT Mitra Megah Profitamas (MMP) baru saja meluncurkan All New Ertiga Hybrid di Kota Banjarmasin.

All New Ertiga Hybrid adalah sejarah baru di dunia otomotif Indonesia. Peluncuran mobil elektrifikasi pertama di kelas LMPV tersebut dilakukan di Jakarta pada Jumat (10/6/2022) lalu dan sukses menarik perhatian masyarakat dan para pencinta otomotif.

Bahkan, di Kota Banjarmasin, mobil Ertiga generasi baru ini mendapat respon yang positif dari masyarakat. Pasalnya dari beberapa kali test drive dibuka, mobil Low MPV keluaran PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) itu mengundang banyak perhatian.

Salah satunya Fudail. Pemuda asli Kuin ini tak ingin ketinggalan ingin merasakan sensasi menyetir mobil yang dilengkapi dengan teknologi hybrid tersebut.

Ayah satu anak itu tampak tak sabar mencoba mobil All New Ertiga Hybrid yang terparkir di halaman Dealer Suzuki Mobil Banjarmasin disiapkan untuk test drive.

Fudail langsung takjub waktu pertama masuk ke dalam mobil lantaran mobil generasi baru Ertiga ini memiliki fitur yang lebih canggih ketimbang mobil yang pernah ia miliki.

Bahkan setelah mulai test drive, Fudail merasa seperti sedang mengendarai mobil berteknologi tinggi. Seperti adanya fitur Cruise Control (SS) yang mampu membuat mobil jalan sendiri tanpa menginjak pedal gas.

“Ada pendingin minumannya lagi. Jadi mimuman kita tetap segar,” ungkapnya.

Selain itu, menurutnya teknologi mesin menggunakan jenis K15B yang ringan dan bertenaga lewat baterai Lithium-ION yang mampu menyimpan energi saat kendaraan melambat dan memberi tambahan energi saat akselerasi juga menjadi daya tarik tersendiri untuk kalangan mobil keluarga.

Tentunya, keunggulan tersebut bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang memiliki aktivitas cukup padat, di tengah kenaikan harga BBM sekarang.

Pasalnya, efisiensi terbaik dengan fitur Engine Auto Stop pada saat kendaraan berhenti. Dilengkapi juga Variable Value Timing (VVT), Multi Point Injection (MPI), pedal gas berteknologi “Drive by Wire”, Heartect Chassis yang lebih ringan, serta inovasi pada teknologi pintar

“Mungkin ini yang membuat Suzuki All New Ertiga Hybrid lebih bertenaga namun tetap irit bahan bakar,” ujarnya.

“Kesan kemewahan mulai dari tampilan interior elegan dengan warna baru, fitur-fitur modern. Tidak hanya itu, dilengkapi juga dengan desain audio yang lebih mewah,” tambahnya.

Kemudian, ia menilai ruang yang luas, kursi yang tebal dan empuk serta interior yang nyaman dan elegan membuat Suzuki All New Ertiga Hybrid benar-benar memanjakan keluarga selama perjalanan.

“Dari beberapa mobil yang pernah saya pakai, ini mobil tidak membuat pinggang dan lutut saya penat. Padahal test drive tadi lebih sejam, biasanya setengah jam saja nyetir pinggang seperti encok,” pungkasnya.

Berita Lainnya
1 dari 5.554
loading...

Tenang saja, kini mobil tersebut resmi dikenalkan kepada masyarakat Kalsel. Mobil dengan dukungan teknologi elektrifikasi Suzuki Smart Hybrid ini siap dipinang dan menemani masyarakat Kalimantan Selatan.

Samlawi, Sales Force Mitra Suzuki Banjarmasin mengatakan, selain dibekali teknologi elektrifikasi, ia membeberkan, mobil All New Ertiga Hybrid juga memiliki fitur-fitur canggih di dalamnya.

“Meski begitu, All New Ertiga Hybrid dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif Sehingga, kami yakin mobil ini akan menjadi primadona dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Pasalnya, Ertiga generasi baru ini menggunakan teknologi elektrifikasi Suzuki Smart Hybrid dan memiliki beragam fitur canggih yang akan meningkatkan keamanan dan kenyamanan serta memberikan pengalaman baru saat berkendara.

Sederet manfaat tersebut, lantas membuat All New Ertiga Hybrid layak menjadi mobil pilihan bagi masyarakat Kalsel. Dibandingkan dengan Suzuki Ertiga sebelumnya, All New Ertiga Hybrid memiliki sebanyak 17 fitur baru.

Salah satunya adalah teknologi Suzuki Smart Hybrid yang lebih ramah lingkungan dan konsumsi bahan bakarnya lebih efisien dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional.

Berbeda dengan mobil elektrifikasi yang seluruh sumber tenaganya mengandalkan listrik, All New Ertiga Hybrid menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional digabungkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery ISG berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery.

“Energi listrik inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif), sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak terjadi proses pembakaran,” ucapnya.

11 perubahan All New Ertiga Hybrid lainnya terlihat pada bagian interior dan eksterior. Untuk interior, All New Ertiga Hybrid kini menggunakan New MID Design, New Interior Ambience Color New Seat Material Color, dan New Interior Ornament.

Sedangkan untuk eksterior, terdapat penyegaran berupa New Front Grille Design, New Auto Retractable Outside Mirror, New Antenna Type, New Alloy Wheel Black Polish Design, New Backdoor Garnish Design, New Hybrid Embler yang ada di buritan mobil, serta pilihan warna baru yaitu New Mellow Deep Red Color.

Lima perubahan lainnya adalah fitur-fitur baru yang canggih dan mendukung teknologi Suzuki Smart Hybrid Fitur-fitur tersebut adalah New Electronic Stability Programme (ESP) di tipe 6X, New Hill Hold Control di tipe GX-AT.

New Gear Shift Indicator (GSI) di pilihan transmisi manual, New Cruise Control dan New Auto Light with Guide Me Light.

“Semua fitur tersebut semakin menambah kenyamanan mengendarai All New Ertiga Hybrid,” bebernya.

“Kehadiran All New Ertiga Hybrid adalah sebuah komitmen kuat dari Suzuki dalam menggabungkan kemajuan teknologi elektrifikasi dan kebutuhan nyata masyarakat Indonesia saat ini. Kami harap mobil ini dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan,” tambahnya.

Harga Suzuki All New Ertiga Hybrid cuma dibanderol dibawah Rp300.000.000. Harga itu dinilai cukup terjangkau dengan fitur canggihnya.

Misalnya untuk All New Ertiga Hybrid MT Rp272.000.000 dan All New Ertiga Hybrid AT Rp283.000.000. OTR sudah termasuk program potongan bulan September 2022. (Kin/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya