Dinas PPKBP3A Gelar DAHSAT di Desa Banua Anyar

Marabahan, KP – Dinas PPKBP3A Kabupaten Barito Kuala gelar Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSAT). Kegiatan ini di launching oleh Plh Bupati Barito H Zulkipli Yadi Noor yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Ahmad Mawarni di Desa Banua Anyar Kecamatan Bakumpai, Rabu (9/11).

Dinas PPKBP3A Kabupaten Barito Kuala menilai stunting perlu untuk diatasi karena masih tingginya angka stunting. Secara nasional pada tahun 2021 angka stunting berada pada kisaran 24,4 persen, sementara pada tahun 2021 angka stunting di Kabupaten Barito Kuala sebesar 14,26 persen, angka ini terus menurun terlihat pada tahun 2022 sekarang menjadi 12,56 persen.

Salah satu upaya penurunan stunting adalah dengan Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSAT).

Launching ini juga dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Kalsel Ir. H. Ramlan beserta jajaran, Kepala Dinas PPKBP3A Hj. Harliani beserta jajaran, yang mewakili Kepala SKPD Lingkup Kab. Batola, yang mewakili Camat.

Bakumpai, Camat Marabahan, Kepala Desa Banua Anyar dan masyarakat sekitar.

Berita Lainnya
1 dari 436
loading...

Dalam laporannya Kepala Dinas PPKBP3A Hj. Harliani melaporkan ini menjadi desa ke-2 yang dilaunching DAHSAT karena di desa Banua Anyar terdapat 1 orang anak yang mengalami stunting.

“Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk intervensi kita dalam penanganan stunting selain program Permata Bunda,” jelas Harliani.

Membacakan sambutan Plh Bupati, Staf Ahli Akhmad Mawarni sampaikan stunting harus segera diatasi karena akan berdampak besar pada perkembangan anak di masa depan.

“Intensi gizi tak hanya dilakukan saat anak sudah lahir, namun harus dari saat anak di kandungan,” jelas Mawarni.

Dirinya berharap dengan hadirnya program ini maka dapat memberikan edukasi untuk calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui. Serta baduta/balita dapat mendapatkan perbaikan gizi dengan konsumsi lokal yang terjangkau dan bercit rasa baik. (ang/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya