Iklan
Iklan
Iklan
Tanah Laut

Sukamta : LPPD Sebagai Laporan Capaian Kinerja Pemerintah Daerah

×

Sukamta : LPPD Sebagai Laporan Capaian Kinerja Pemerintah Daerah

Sebarkan artikel ini

Pelaihari, KP – Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) merupakan laporan capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kinerja guna mendukung pencapaian tujuan penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan prinsip tata pemerintahan yang baik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hairul Rijal saat membuka kegiatan Sosialisasi Penyusunan LPPD dan Penginputan ke E-LPPD Kabupaten Tala Tahun 2023 Untuk Tahun Anggaran 2022. Bertempat di Emerald 2 Ballroom Fugo Hotel Banjarmasin, Senin (28/11/2022).

“Penyusunan LPPD merupakan salah satu fase yang penting dalam siklus mekanisme penyelenggaraan pemerintah daerah sebagai dasar evaluasi penilaian capaian kinerja,” ucap Hairul Rijal.

Ia menuturkan, LPPD merupakan progress report pemerintah daerah selama satu tahun anggaran. Narasi yang ada pada LPPD yaitu memuat satu kesatuan hasil pengukuran kinerja pemerintahan daerah mulai dari capaian kinerja penyelenggaran pemerintah daerah, kinerja makro, capaian kinerja penyelenggaraan urusan pemerintahan, akuntabilitas kinerja pemerintahan, kinerja pelaksana tugas pembuatan serta penerapan standar pelayanan minimal.

“Simak dengan baik ilmu yang diberikan para narasumber hari ini agar laporan LPPD dapat tersusun dengan baik sebagai bahan pimpinan yang nanti akan disampaikan ke pemerintah pusat,” tuturnya.

Hairul meneruskan, penyelenggaraan kegiatan sosialisasi dan penginputan E-LPPD ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dalam membuat dan menyusun LPPD Kabupaten Tala Tahun Anggaran 2022. Mulai dari format instrumen hingga petunjuk pengidian Indikator Kinerja Kunci (IKK). Sehingga, dapat menghasilkan bentuk laporan yang lebih sempurna dengan menyamakan persepsi pembuatannya pada setiap satuan unit kerja daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tala.

“Kami berharap agar laporan ini disusun sebaik-baiknya, transparan, valid, akuntabel serta faktual (menggambarkan kondisi yang sebenarnya). Sehingga apabila terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat kita evaluasi untuk mendapatkan perbaikan di tahun anggaran berikutnya,” harapnya.

Baca Juga:  Pelatihan Berbasis Kompetensi Lahirkan SDM Berkualitas

Pada kegiatan ini mendatangkan narasumber dari Biro Pemerintahan dan Ekonomi Daerah Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan serta Diskominfo Tala. Turut berhadir Kepala Bagian Pemerintahan Setda Tala serta peserta perwakilan dari seluruh SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tala. (rzk/K-6)

Iklan
Iklan