Bantuan PRS dan UEP 2022 Selesai Disalurkan ke Kecamatan

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), telah menyelesaikan penyaluran bantuan sosial Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) tahun 2022 ke seluruh kecamatan.

Bupati HSS Achmad Fikry secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut, kepada perwakilan penerima dari Kecamatan Angkinang dan Telaga Langsat, yang merupakan giliran terakhir, Rabu (30/11/2022) di Gedung Serbaguna Kecamatan Angkinang.

Bantuan PRS disalurkan untuk 30 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Angkinang, dan 22 KPM di Kecamatan Telaga Langsat. 

Sedangkan bantuan UEP diterima oleh 18 orang dari Kecamatan Angkinang, dan 13 orang dari Kecamatan Telaga Langsat.

Sedangkan bantuan UEP diterima oleh 18 orang dari Kecamatan Angkinang, dan 13 orang dari Kecamatan Telaga Langsat.

Berita Lainnya
1 dari 971
loading...

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, PRS berbeda dengan program bantuan rehabilitasi rumah lainnya. Sebab, PRS memberikan rumah yang layak huni, beserta memberikan intervensi berbagai bantuan lain bagi orang yang tinggal di dalam rumah tersebut.

“Misalnya dalam rumah tersebut ada lanjut usia, maka akan dibantu dengan program Jaminan Hidup Lansia. Kalau ada anaknya yang masih sekolah, dimasukkan dalam PKH. Untuk yang masih produktif, akan diberikan modal usaha melalui program UEP. Dan untuk  perlindungan kesehatan, sudah terjamin dalam program BPJS Semesta,” jelas Achmad Fikry, didampingi Sekretaris Daerah Muhammad Noor dan Kepala Dinas Sosial Nordiansyah.

Tahun 2022 ini, total penerima PRS di Kabupaten HSS sebanyak 262 KPM, yang masing-masing menerima Rp 17,5 juta. Total dari dana dari APBD Perubahan tersebut sebesar Rp 4.585.000.000.

Sejak tahun 2014, PRS sudah membangun rumah layak huni sebanyak 5.574 buah tersebar di 11 kecamatan, dengan jumlah dana Rp 79.958.568.000.

Terkait bantuan UEP, Bupati berharap dananya bisa dipergunakan untuk menambah modal usaha penerima, sehingga keuntungannya bisa juga bertambah.

Tahun ini, bantuan UEP disalurkan untuk 116 orang dengan anggaran sebesar Rp 338.000.000. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya