Iklan
Iklan
Iklan
ADVETORIAL

Tips Memilih Tanaman Agar Rumah Lebih Asri ala Tokopedia

×

Tips Memilih Tanaman Agar Rumah Lebih Asri ala Tokopedia

Sebarkan artikel ini
Catat kenaikan transaksi subkategori Taman di beberapa daerah, Tokopedia bagikan tips memperindah hunian dengan tanaman hias.

Jakarta, KalimantanPost.com – Berkebun menjadi salah satu hobi baru yang mulai marak sejak pandemi. Antusiasme masyarakat dengan hobi ini pun turut mendorong transaksi pada subkategori Taman di Tokopedia. “Data internal Tokopedia mencatat Kota Makassar, Kab. Lamongan, Kota Prabumulih, Kab. Buleleng, dan Kab. Lampung Selatan sebagai beberapa daerah dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi di subkategori Taman pada periode September-November 2022 dibanding Juni-Agustus 2022,” ucap Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Kota Makassar bahkan mencatat kenaikan transaksi subkategori Taman sebesar lebih dari 3x lipat pada periode September-November 2022 dibandingkan tiga bulan sebelumnya. Sementara itu, Kab. Lamongan juga mencatat kenaikan hampir 2x lipat untuk subkategori ini pada periode yang sama,” tambahnya.

Android
Para pemula bisa menggunakan paket grow kit yang sudah dilengkapi pupuk, benih, pot, dan cara menanam, seperti yang dijual Potme Farm di Tokopedia.

4 Tips Memilih Tanaman untuk Perindah Hunian

Tokopedia bersama Plant Enthusiast, nyonyadestira pun membagikan beragam tips untuk memperindah hunian agar terlihat lebih asri

Kenali Karakter Pohon atau Tanaman

Sebelum membeli tanaman yang diinginkan, sangat penting untuk mengetahui karakter tanaman. Selain itu, sesuaikan pula jenis tanaman dengan luas lahan atau ruangan. “Beberapa jenis tanaman, seperti ficus elastica atau karet kebo bisa tumbuh besar jika ditanam di tanah atau halaman depan rumah,” terang nyonyadestira.

Pilih Jenis Tanaman yang Mudah Dirawat

Pemula juga disarankan untuk memilih jenis tanaman yang mudah dirawat. Nyonyadestira merekomendasikan jenis tanaman hoya, anthurium, dan monstera sebagai pilihan untuk mempercantik teras rumah. Sedangkan untuk halaman rumah, tanaman berkayu seperti karet kebo atau ketapang kencana yang pertumbuhannya akan membuat hunian terlihat rindang dapat menjadi pilihan.

Temukan Ritme Penyiraman yang Tepat

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemula adalah terlalu sering menyiram tanaman. “Tanaman di dalam pot yang terlalu banyak menyerap air, dapat meningkatkan risiko kebusukan akar tanaman. Jadi, kita harus tepat menentukan jarak penyiraman. Penggunaan pupuk juga harus sesuai dosis,” ucap nyonyadestira.

“Menurut temuan Tokopedia, pupuk dan media tanam menjadi produk terlaris dalam subkategori Taman pada periode September-November 2022 dibanding Juni-Agustus 2022,” terang Rizky.

Sayur dan Buah-buahan Jadi Alternatif Tanaman

Selain menanam bunga yang indah, bercocok tanam di halaman rumah juga bisa menjadi pilihan untuk membuat rumah terlihat asri, misalnya tomat, timun, kangkung. “Lokasi tanam untuk sayur dan buah-buahan pun harus diperhatikan. Pilih area yang bersih dan jauh dari pembuangan sampah agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman,” ucap Pemilik usaha Potme Farm asal Bali, I Gde Wikarga, yang fokus menjual benih tanaman.

Agar memudahkan pemula berhasil memanen, bisa gunakan paket grow kit yang sudah dilengkapi pupuk, benih, pot, dan cara menanam, seperti yang dijual Potme Farm di Tokopedia.

“Di sisi lain, data internal Tokopedia juga mencatat temuan menarik lainnya. Kota Denpasar, Kota Surabaya, Kota Palembang, Kota Makassar dan Kab. Karawang sebagai beberapa daerah dengan kenaikan jumlah kenaikan penjual subkategori Taman tertinggi pada periode September-November 2022 dibanding Juni-Agustus 2022,” pungkas Rizky.

Iklan
Iklan