Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinLensa Banjarmasin

2024 Banjarmasin Bertekad Rebut Piala Adipura Kembali

×

2024 Banjarmasin Bertekad Rebut Piala Adipura Kembali

Sebarkan artikel ini
HARI SAMPAH- Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina pada saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 tingkat Kota Banjarmasin, di Lobi Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (04/03). (KP/Prokom)

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin bertekad untuk merebut kembali Piala Adipura, salah satu penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, tentang pengelolaan sampah dan lingkungan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina pada saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 tingkat Kota Banjarmasin, di Lobi Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (04/03).

Android

Menurut H Ibnu Sina, dengan tidak adanya piala adipura di tahun 2023 ini cukup menyadarkan pemerintah betapa berharganya sebuah penghargaan tersebut untuk menjaga nama Kota Banjarmasin yang Barasih wan Nyaman.

“Saya tidak enak hati dalam beberapa hari ini karena kita tidak sempat mengarak piala adipura tahun ini, tapi itu menyadarkan kita semua bahwa adipura itu penting, jadi nanti tahun depan kita rebut kembali,” katanya.

Tekad tersebut langsung dibuktikan dengan peluncuran program Bawah Barumahan Barasih Sampah (B’Babasah) yang merupakan sebuah gerakan sosial untuk membersihkan kolong rumah dari sampah khususnya sampah plastik dengan target 100.000 kolong rumah.

Maka dari itu, pimpinan bumi kayuh baimbai mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergotong royong menyukseskan gerakan tersebut demi diraihnya piala adipura tahun 2024 mendatang. “Kalau kita sepakat bahwa piala adipura itu penting, tahun 2024 kita rebut kembali, jadi dari sekarang semuanya bersiap untuk susur sungai, bercebur ke sungai, siap babarasih,” pungkasnya.

Peluncuran program B’Babasah ditandai dengan penyerahan karung dari Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman yang didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah dan Ketua DWP Kota Banjarmasin, Rusdiati, kepada komunitas dan forum masyarakat yang akan turut menjalankan program tersebut.

Baca Juga:  Kualitas Udara Sangat BurukPemko Banjarmasin Belum Rencanakan Liburkan Sekolah

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan peluncuran aplikasi B-Cash, penyerahan sedekah sampah, penaburan eco enzim dan penyerahan penghargaan kepada sekolah yang menjadi pemenang Lomba Cipta Kreasi Lingkungan Untuk Sekolah Adiwiyata Kota Banjarmasin Tahun 2023. (Prokom/K-3)

Iklan
Iklan