Iklan
Iklan
Iklan
Martapura

Damkar Banjar Edukasi Siswa PAUD

×

Damkar Banjar Edukasi Siswa PAUD

Sebarkan artikel ini
EDUKASI SISWA - Kenalkan cara pencegahan kebakaran, DPKP Banjar edukasi siswa PAUD.

Martapura, KP – Pemkab Banjar melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) menggelar edukasi Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran kepada anak-anak PAUD Terpadu A Ba Ta, di halaman Kantor DPKP, Martapura, Kamis (9/3).

Esensi kegiatan ini, dengan edukasi sejak dini memadamkan api, anak dapat menumbuhkan rasa aman dan keselamatan guna membantu sesama ketika dewasa kelak.

Pada kegiatan ini, Tim DPKP Banjar memberikan edukasi, bukan hanya untuk anak, juga guru dan orang tua siswa, bagaimana mengambil posisi siaga dalam memadamkan api.

Kabid Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Sarpras Didin Miraji mengatakan, selain menjalin silaturrahmi, kegiatan ini juga memberi pemahaman mengenai penyebab terjadinya kebakaran, memberi pengetahuan dasar upaya pencegahan kebakaran dan pelatihan mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan.

“Sebelumnya dari pukul 09.00 WITA, peserta mendapat pembekalan tentang teori api, anatomi kebakaran serta pengenalan sistem proteksi kebakaran,” jelas dia.

Pada simulasi, Tim DPKP Banjar memberikan penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kebakaran dan mengajarkan bagaimana cara menanganinya dengan benar, tepat serta cara penggunaan alat yang digunakan dalam memadamkan api. Seluruh peserta pun antusias mengikuti arahan diberikan.

Dilanjutkan pengenalan alat–alat yang digunakan dan bagaimana sikap harus dilakukan saat terjadi kebakaran. Dilanjutkan materi tentang peralatan pemadaman api, baik yang tradisional maupun modern, yakni Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan cara penggunaannya.

Kegiatan diakhiri praktek pemadaman api, baik tradisional menggunakan karung goni maupun cara modern menggunakan APAR. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Bank Kalsel Beri Bantuan Mobil Operasional Kesehatan
Iklan