Iklan
Iklan
Iklan
Kuala Kapuas

Legislator Kapuas Dorong DLH Galakan Kegiatan Bersih Sampah

×

Legislator Kapuas Dorong DLH Galakan Kegiatan Bersih Sampah

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Bardiansyah.

Kuala Kapuas, KP – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Bardiansyah, terus mendorong Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, untuk lebih menggalakan kegiatan bersih sampah di daerah setempat.

“Sehingga kesadaran masyarakat akan tumbuh dalam menjaga lingkungan bersih dan tidak membuang sampah sembarangan,” kata Bardiansyah, di Kuala Kapuas, Kamis (2/3).

Legislator dari Partai NasDem ini, sangat mendukung serta mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh DLH bersama dengan Karang Taruna Maju Sejahtra Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, melakukan aksi bersih sampah dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat maupun pemerintah daerah dalam rangka penanganan sampah di daerah setempat, yang mana seperti diketahui volume sampah di kabupaten setempat, berdasarkan data DLH Kapuas, per hari 25 ton.

Kemudian, lanjut wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini, Tempat Penampungan Akhir (TPA) sampah, yang berada di Hadel Palinget, Kecamatan Pulau Petak, di pridiksi dalam dua tahun akan penuh.

“Untuk itu, harus ada alternative lainya untuk penempatan sampah di Kabupaten Kapuas, yang sehari bisa mencapai 25 ton. Karenanya perlu pemikiran baru untuk lokasi yang lebih representatif,” katanya.

Dinas Lingkungan Hidup juga diminta untuk lebih sering mengkampanyekan soal penanganan sampah di daerah setempat. Dengan harapan sampah bisa dikendalikan dan tidak menumpuk di berbagai tempat.

“Kampanye bebas sampah secara umum harus berkelanjutan. Ini demi masa depan Kabupaten Kapuas yang lebih tertata dengan indah, nyaman dan bebas dari sampah. Bebas polusi sampah dambaan semua warga, karenanya kami berharap ke DLH bisa menanggulangi dan mengelola sampah dengan benar,” demikian Bardiansyah.(Iw)

Iklan
Baca Juga:  Tim Pansus I DPRD Kapuas Kaji Banding Raperda Kepariwisataan di Banjarbaru
Iklan