Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Pemerintah Kalteng Gelar Pasar Murah ASN Gol II, I, Tekon dan OB

×

Pemerintah Kalteng Gelar Pasar Murah ASN Gol II, I, Tekon dan OB

Sebarkan artikel ini
Asisten Ekobang Leonard S.Ampung menyerahkan sembako murah bersubsidi ke perwakilan ASN Gol I,II, Tekon dan OB

Palangka Raya, KP – Memasuki awal bulan ramadhan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Leonard S. Ampung buka Pasar Murah di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (24/3).

Kepada awak media, Leo mengungkapkan sedikitnya 3.000 paket sembako murah bersubsidi dibagikan bagi ASN golongan I, II, tenaga kontrak dan tenaga kebersihan (OB) lingkup Provinsi Kalteng.

Dijelaskan di awal bulan Ramadan tahun 2023 tekanan inflasi gabungan kota di Kalteng cukup landai. Pada Februari 2023, inflasi gabungan di Kalteng tercatat sebesar 0,10% (mtm) atau berada pada peringkat ke-15 di Indonesia.

Hal itu tidak lepas dari upaya kita bersama di TPID dalam mengendalikan inflasi yang secara konsisten terus lakukan sejak tahun 2022. Untuk itu, “saya menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan kontribusi Bapak/Ibu sekalian dalam pengendalian inflasi di Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Meski inflasi melandai, ia mengingatkan agar tetap waspada terhadap lonjakan inflasi di bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri. “Komoditas yang harus kita waspadai yakni cabai rawit, beras, cabai merah, bawang putih, minyak goreng dan daging ayam

Sementara itu, Kepala Biro Ekonomi Setda Kalteng Said Salim menyatakan kegiatan ini didukung oleh beberapa Perangkat Daerah yakni Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng, Dinas Ketahanan Pangan Kalteng, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng, dan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalteng.

“Beberapa komoditas yang disediakan pada kegiatan ini akan disalurkan kepada PNS golongan II, I, dan Tenaga Kontrak. Harapannya dengan pasar murah Ramadan ini dapat membantu dan meringankan PNS Golongan II, I, dan Tenaga Kontrak dalam menghadapi bulan Ramadan 1444 H.

Sebagai informasi, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng menyediakan 3.000 paket bahan pokok (bapok) yang berisikan beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, susu kental manis 1 kaleng, dan sarden 1 kaleng.

Baca Juga:  Dandim 1013/Mtw Buat Pondok Inspirasi

Harga bapok tersebut yakni Rp.150.000,- per paket, dan mendapat subsidi dari Pemprov. Kalteng sebesar Rp.100.000,- per paket, sehingga PNS dan Tenaga Kontrak hanya membeli dengan harga Rp.50.000,- per paket dengan menggunakan kupon yang telah dibagikan.

Selain itu, Perangkat Daerah lain juga menyediakan beberapa komoditas, seperti Dinas TPHP Kalteng menyediakan cabai rawit 200 kg, bawang merah 300 kg, bawang putih 200 Kg, cabai rawit 200 kg, dan cabai hijau 100 kg; Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng menyediakan minyak goreng kemasan 1.000 liter.

Gula pasir tersedia 1.000 kg, bawang merah 150 kg, bawang putih 150 kg, telur ayam 120 tray dan beras bersubsidi 16 ton; Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng menyediakan ikan nila dan patin masing-masing 50 kg; serta Dinas ESDM Prov. Kalteng bekerja sama dengan PT. Pertamina Patra Niaga Area Kaltengsel menyediakan LPG 3 Kg bersubsidi sebanyak 560 tabung.. (Drt/KPO-1)

Iklan
Iklan