Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
MartapuraTRI BANJAR

Puluhan BUMDes Ikuti Pelatihan Keterampilan Manajemen

×

Puluhan BUMDes Ikuti Pelatihan Keterampilan Manajemen

Sebarkan artikel ini
PELATIHAN BUMDES - Pelatihan Manajemen BUMDesa digelar Pemkab Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). (KP/Wawan)

Martapura, KP – Pelatihan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Kabupaten Banjar, digelar Pemkab Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), di Hotel Delima, pekan kemarin.

Narasumber dari Inspektorat Daerah Banjar memberikan materinya mengenai pembinaan dan pengawasan BUMDesa kepada peserta dihari kedua yang disampaikan Yusna Gunani (Irban Wilayah I).

Yusna Gunani menyampaikan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 73 Tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa yang menyatakan, ruang lingkup pengawasan oleh APIP Daerah Kabupaten, salah satunya Pemeriksaan Kinerja Pengelolaan Keuangan BUMDesa.

”Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan BUMDes adalah pemenuhan administrasi pendiriannya, seperti badan hukum, penyusunan program kerja dan melaksanakannya serta menyusun laporan pertanggungjawaban dan disampaikan dalam musyawarah desa,” ujar Yusna.

Dengan pelatihan ini, diharap dapat meningkatkan kemampuan para pengurus BUMDesa dalam mengelola keuangan, tertib administrasi serta memperkuat manajemen operasional. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Dewan Ingin Data Kependudukan Akurat
Iklan