Komisi III DPRD Kalsel Segera Bahas Kasus Tongkang Tabrak Rumah Warga di Desa Keladan

BANJARMASIN, kalimantanpost.com – Kasus dua tongkang yang menabrak 35 buah rumah warga dan 11 klotok di Desa Keladan pada 22 April 2023 lalu, mendapat perhatian anggota Dewan Provinsi Kalimantan. Selatan. Rencananya, komisi III DPRD Kalsel segera melaksanakan rapat untuk membahas kasus di atas.

“Kita akan segera membahas kasus ini, karena kecelakaan tersebut merusak rumah warga,” kata Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel, Gusti Abidinsyah yang dihubungi via telepon selular di Banjarmasin, Senin (24/4/2023).

Dirinya menyayangkan kecelakaan tongkang yang merusak 35 rumah warga dan 11 klotok di Desa Keladan, Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin.

“Kejadian ini patut disayangkan, karena banyaknya rumah warga yang hancur,” tambah politisi Partai Demokrat.

Apalagi kejadian seperti ini sudah kesekian kalinya menimpa warga yang berada di pinggir sungai tersebut, sehingga perlu dicarikan solusinya agar tidak terulang kembali.

“Kita berharap pihak-pihak yang bertanggungjawab terhadap keselamatan pelayaran dapat mencari penyebab kejadian tersebut,” tegas Abidinsyah.

Berita Lainnya
1 dari 81

Sementara informasi dari Kapolsek Polsek Candi Laras Utara, Ipda Ketut Sedemen, kejadian tongkang tertabrak rumah penduduk di tepi sungai wilayah tersebut pada 22 April 2023 bukan yang pertama kali dan untung tidak meminta korban jiwa.

Berdasarkan catatannya, pada Agustus 2021 tongkang juga tertabrak rumah penduduk Desa Sungai Selai Hilir dan lima buah rusak.

Sebagai catatan pada perairan Sungai Barito antara wilayah Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan Tapin tergolong rawan kecelakaan lalulintas angkutan sungai.

Misalnya Jembatan Rumpiang Marabahan, ibukota Batola yang membentang di atas Sungai Barito setidaknya dua kali pender jembatan tersebut tersenggol tongkang pengangkut batu bara.

Oleh karenanya anggota DPRD Kalsel periode sebelumnya menyarankan perlu jasa pandu atau pemanduan guna menghindari atau setidaknya meminimalkan kecelakaan lalulintas angkutan sungai. (lyn/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya