Paman Birin Imbau Salurkan Zakat melalui BAZNAS
Tahun 2023 Target Pengumpulan Rp 26 Miliar

PEJABAT, ASN, hingga Masyarakat diimbau salurkan zakat melalui BAZNAS.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar, menghadiri penyerahan zakat.

Ini baik zakat Gubernur dan Wakil, pejabat pemerintah, BUMD dan masyarakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Gedung Idham Chalid di Banjarbaru, Rabu (12/4).

Dalam kesempatan ini Sekdaprov Kalsel menyerahkan zakat pribadi yang langsung diterima oleh Ketua Baznas Kalsel, Irhamsyah Safari.

Paman Birin dalam sambutan tertulis disampaikan Sekdaprov Kalsel, mengimbau kepada para pengusaha dan seluruh umat Islam yang sudah memenuhi kewajiban membayar zakat, juga ikut menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

Lebih lanjut Paman Birin menyampaikan, zakat yang dibayarkan memiliki dimensi dalam tatanan kehidupan sosial, pemberdayaan umat secara ekonomi, dan sekaligus juga potensi untuk menanggulangi kemiskinan.

“Rukun Islam yang Keempat ini memiliki makna sebagai rasa kebersamaan dan persaudaraan.

Sehingga zakat menjadi harapan untuk membangun kesejahteraan umat,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 3,069

Ditambahkan Paman Birin, potensi zakat untuk mensejahterakan umat sangat besar, terlebih untuk daerah Kalsel yang mayoritas beragama Islam, dimana dari 4,2 juta jiwa penduduk, lebih dari 90 persen masyarakat Kalsel beragama Islam.

Sementara itu, Ketua Baznas Kalsel, Irhamsyah Safari dalam laporannya menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Provinsi Kalsel pada penyerahan zakat kali ini.

“Alhamdulillah, 21 Ramadhan 1444 Hijriah, 12 April 2023 merupakan hari istimewa.

Karena di hari 10 terakhir Ramadhan kita dapat menggelar keteladanan pemimpin muslim berzakat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel,” sebutnya.

Dilaporkan pengumpulan zakat, infaq, dan sedekah di Baznas Provinsi Kalsel tahun 2022 sebesar 16,7 miliar.

Selanjutnya pada tahun 2023 target pengumpulan zakat, infaq, dan sedekah serta dana sosial keagamaan lainnya dan dana corporate social responsibility atau CSR sebesar Rp 26 miliar.

“Mudah-mudahan, kami bisa memenuhi target yang ditetapkan 26 miliar ini,” harapnya.

Turut hadir dan menyalurkan zakat pribadinya ke Baznas, sejumlah Kepala SKPD, Pejabat Administrator, dan Pejabat Pengawas Lingkup Provinsi Kalsel, para pimpinan perusahaan BUMD.

Turut berhadir pula perwakilan Forkopimda Provinsi Kalsel. (adv/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya