Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

April Inflasi Kalteng Terkendali di Angka 0,23 Persen

×

April Inflasi Kalteng Terkendali di Angka 0,23 Persen

Sebarkan artikel ini
Kepala BPS Kalteng Eko Marsoro. (kalimantanpost.com/Darity)

PALANGKA RAYA, kalimantanpost.com –
Selama bulan April yang merupakan puncak Ramdhan, serta hari raya Idul Fitri, kondisi inflasi di Kalimantan Tengah (Kalteng) terkendali pada angka 0,23 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalteng, Eko Marsoro dalam jumpa pers, Selasa (2/5/2023) saat memberikan paparan inflasi bulanan, dikemukakannya inflasi yang terjadi merupakan gabungan dua kota yakni Kota Palangka Raya dan Sampit sebesar 0,23 persen dengan Indeks Harga konsumen (IHK) sebesar 116,76 pada April 2023.

“Inflasi gabungan terjadi karena adanya kenaikan indeks harga kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,76 persen, kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,54 persen. Lalu, kelompok penyediaan makanan dan minuman atau restoran sebesar 0,04 persen,” ujarnya.

Masih menurut Eko, Inflasi gabungan Kota Palangka Raya dan Sampit juga terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,03 persen, transportasi sebesar 0,03 persen, dan kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,02 persen.

Dijelaskannya, inflasi tahun kalender pada April 2023 terhadap Desember 2022 untuk gabungan Kota Palangka Raya dan Sampit tercatat sebesar 0,97 persen, dan inflasi tahun ke tahun pada April 2023 terhadap April 2022 sebesar 4,85 persen.

Komoditas yang memberikan sumbangan inflasi pada April 2023, Eko menyebutkan antara lain beras, rokok kretek filter, emas perhiasan, tomat, kangkung, telur ayam ras, ikan gabus, angkutan antar kota, rokok kretek, dan bawang putih.

Dia mengatakan komoditas yang memberikan sumbangan deflasi pada April 2023 antara lain cabai rawit, daging ayam ras, baju muslim wanita, bawang merah, minyak goreng, semangka, semen, ikan lele, daging sapi, dan ikan patin.

Baca Juga:  Endang Susilawatie Pimpin Badan Pembentukan Peraturan Daerah

Selain masalah inflasi, juga dipaparkannya terkait Nilai Tukar Petani (NTP), Neraca Perdagangan, Angkutan, dan hunian hotel selama Maret maupun April 2023. (Drt/KPO-3)

Iklan
Iklan