Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Selatan

HSS Ikuti Penilaian Penghargaan Nirwasita Tantra

×

HSS Ikuti Penilaian Penghargaan Nirwasita Tantra

Sebarkan artikel ini
DISKUSI - Tim Panelis Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 melakukan kunjungan ke Pemkab HSS. (KP/Ist)

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, menyambut Tim Panelis Penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2022, Kamis (25/5/2023) lalu.

Tim independen yang dibentuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI) tersebut, berkunjung untuk melakukan wawancara dan verifikasi lapangan.

Pada pertemuan di Aula Rakat Mufakat Kantor Sekretariat Daerah setempat, Bupati memaparkan terkait isu prioritas lingkungan dan beberapa inovasi. Turut didampingi Sekretaris Daerah Muhammad Noor, Kepala Dispera KPLH Ronaldy Prana Putra, serta para pejabat dan pelaku isu lingkungan terkait lainnya.

Ketua Tim Penilai Hairadi Kartodiharjo mengatakan, pemaparan Bupati sangat banyak menambah wawasan para tim penilai terhadap Kabupaten HSS.

“Beberapa hal yang dibahas dalam diskusi, terdapat beberapa pandangan-pandangan yang akan memperkuat keberlanjutan dari apa yang dicapai saat ini ke masa yang akan datang,” ujarnya.

Menurutnya, dukungan masyarakat yang tinggi, dan profesionalisme jajaran pemerintahan sangat penting untuk mendukung tujuan Nirwasita Tantra dalam memastikan fungsi lingkungan hidup yang menjadi tema utama.

Dijelaskannya, penilaian Nirwasita Tantra 2022 diikuti 240 lebih kabupaten/kota dan lebih dari 12 Provinsi.

Pemilihan Kabupaten/Kota dan Provinsi tersebut, bersifat volunteerer dan sangat tergantung dari kebijakan daerah. Sebab, urusan-urusan lingkungan hidup tersebut sebenarnya menjadi kebutuhan dari daerah itu sendiri.

Diharapkan penghargaan Nirwasita Tantra ini dapat memacu kapasitas daerah, untuk selalu mempertahankan kualitas lingkungan hidup, itu intinya,” ucapnya.

Tim Panelis kemudian melakukan verifikasi lapangan ke TPS3R Pandai, Kelurahan Kandangan Barat, Kampung Proklim Desa Gambah Dalam Barat, Konservasi Anggrek di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, dan TPA di Sungai Raya Selatan. (tor/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Wabup HSS Ikuti Upacara HUT Pramuka Secara Telekonferensi
Iklan